SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Berorganisasi dan Kualitas Praktik Industri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

Prisma Rian Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Prisma Rian. 2017. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Berorganisasi dan Kualitas Praktik Industri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang . Skripsi, Jurusan Teknik, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sunomo, M.Pd., (2) Drs. Basuki, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Praktik Industri, Kesiapan Kerja

Kegiatan organisasi merupakan aktifitas mahasiswa yang dapat mengembangkan karakter, bakat, dan minat mahasiswa. Untuk membekali mahasiswa menghadapi dunia kerja, mahasiswa Program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin wajib menempuh mata kuliah praktik industri karena tergolong kompetensi utama. Mahasiswa yang mempunyai karakter yang baik dan telah mendapatkan pengalaman praktik industri diharapkan mempunyai kesiapan kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua faktor tersebut yaitu pengaruh keaktifan mahasiswa berorganisasi dan kualitas praktik industri terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah keaktifan berorganisasi, kualitas praktik industri, dan kesiapan kerja. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang berjumlah 85 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Setelah diberikan angket didapatkan 67 mahasiswa yang mengikuti organisasi dan telah menyelesaikan praktik industri, kemudian digunakan sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) penelitian ini hanya dilakukan  pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin sehingga hasilnya akan berbeda jika dilakukan pada program studi yang berbeda (b) butir pernyataan yang digunakan peneliti jumlahnya terbatas dan belum secara penuh mewakili indikator variabel terkait.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dan kualitas praktik industri berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan mahasiswa. Disarankan bagi mahasiswa untuk selalu meningkatkan karakter dengan aktif dalam kegiatan berorganisasi dan mempunyai kualitas praktik industri yang baik sehingga akan berdampak baik terhadap kesiapan kerja dan bagi peneliti selanjutnya untuk  menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap kesiapan kerja, serta dapat menambahkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara agar hasil penelitian lebih akurat.