SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONTRIBUSI PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN TINGKAT KOMPETENSI KEAHLIAN PEMESINAN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 JEMBER

Anis Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Tingginya angka pengangguran siswa SMK dan minimnya lapangan pekerjaan merupakan masalah serius yang perlu untuk diatasi. Menumbuh-kembangkan minat berwirausaha merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah pemikiran siswa SMK sebagai pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job maker). Pengetahuan kewirausahaan melalui mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, serta tingkat kompetensi keahlian pemesinan melalui mata pelajaran peminatan adalah dua aspek yang mendukung dalam menumbuhkembangkan minat berwirausaha siswa. SMK Negeri 2 Jember menyelenggarakan program sekolah untuk menumbuhkan minat berwirausaha melalui mata pelajaran tersebut. Dalam kurun waktu terakhir, belum ada penelitian yang membahas minat berwirausaha siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini perlu dilakukan guna menggambarkanminat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Jember.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post factodengan pendekatan kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengetahuan kewirausahaan dan tingkat kompetensi keahlian pemesinan dengan minat berwirausaha. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik  probability simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Jember sebanyak 74 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes soal pilihan ganda dan  angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan uji kolerasi parsial dan uji regresi ganda.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian. Pertama, tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa. Nilai signifikansi sebesar 0,079 > α = 0,05, rhitungsebesar 0,166 termasuk dalam kategori kolerasi sangat rendah. Sumbangan sebesar 2,8% dan 97,2% diterangkan olah variabel lain yang tidak diteliti. Kedua, tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat kompetensi keahlian pemesinan dengan minat berwirausaha siswa. Nilai signifikansi sebesar 0,144 > α = 0,05. rhitungsebesar 0,125 termasuk dalam kategori kolerasi sangat rendah. Sumbangan sebesar 1,6% dan 98,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.Ketiga,tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dantingkat kompetensi keahlian pemesinan dengan minat berwirausaha siswa. Nilai signifikansi sebesar 0,256 > α = 0,05. Nilai R sebesar 0,194 termasuk dalam kategori kolerasi sangat rendah. Sumbangansebesar 3,8% dan 96,2% diterangkan olah variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci:  pengetahuan kewirausahaan, tingkat kompetensi keahlian pemesinan, minat berwirausaha, SMK Negeri 2 Jember