SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Tingkat Kekerasan dan Kekasaran Baja ST 60 Pada Proses Electroplating Menggunakan Nikel Dengan Variasi Tegangan Listrik

Rizal Firman Perdana

Abstrak


ABSTRAK

 

Perdana, Rizal Firman, 2014, Identifikasi Tingkat Kekerasan dan Kekasaran Baja St 60 pada Proses Electroplating Menggunakan Nikel Dengan Variasi Tegangan Listrik, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Wahono, Drs., S.ST. , M.Pd. (2) Tuwoso, Dr.. M.P.

 

Kata kunci: kekerasan, kekasaran, electroplating

Electroplating adalah suatu proses pengendapan logam pada permukaan suatu logam atau non logam secara elektrolisa. Pelapisan listrik bertujuan untuk melapisi logam pada permukaan logam atau permukaan yang konduktif melalui proses elektrokimia atau elektrolisa, agar mencapai permukaan yang tahan korosi dan penampilannya bagus, mengkilap, cerah dari segi estetika. Pelapisan logam juga berfungsi agar baja memiliki sifat kekerasan untuk ketahanan suatu bahan terhadap deformasi plastis apabila bahan tersebut diberi beban dari luar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat kekerasan dan kekasaran baja St 60 pada proses electroplating menggunakan nikel dengan variasi tegangan listrik.

Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan baja karbon menengah St 60 yang dilapisi nikel menggunakan metode electroplating dengan variasi tegangan listrik 4 Volt, 6 Volt dan 8 Volt lalu dilakukan pengujian kekerasan dan kekasaran, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tabel dan grafik rata-rata hasil pengujian. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tingkat kekerasan pada waktu pelapisan 4 menit, 8 menit, 12 menit dan tegangan 4 Volt, 6 Volt, 8 Volt, secara berturut-turut adalah 213.27 HV, 203.19 HV, 189.84 HV, kemudian nilai kekasaran menunjukan 0.42 µm, 0.55 µm, 0.61 µm. Dapat disimpulkan bahwa kekerasan baja karbon menengah St 60 akan turun seiring dengan naiknya tegangan listrik dan lama waktu pada proses electroplating. dan tingkat kekasaran akan naik seiring dengan naiknya tegangan listrik dan waktu pada proses electroplating.