SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kelayakan Fasilitas Bengkel Pemesinan dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Praktikum Pemesinan di SMKN 1 Singosari

Irma Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Irma. 2017. Pengaruh Kelayakan Fasilitas Bengkel Pemesinan dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Praktikum Pemesinan di SMKN 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. H. Yoto., S.T., M.Pd., M.M, (2) Dr. Hj. Widiyanti., M.Pd.

 

Kata Kunci: kelayakan fasilitas, minat belajar, hasil belajar praktikum pemesinan.

Sekolah menengah kejuruan merupakan sekolah yang mempersiapkan lulusannya untuk bekerja sehingga siswa dituntut untuk memiliki keterampilan di dalam bidang tertentu. Di dalam sekolah SMK fasilitas bengkel sangat perlu diperhatikan untuk mendukung aktivitas belajar siswa. Fasilitas yang lengkap akan memudahkan siswa dalam belajar, sehingga dapat berdampak pada hasil belajarnya. Minat belajar siswa juga harus diperhatikan, sebelum pelajaran guru harus membangkitkan minat belajar agar siswa bersemangat dalam belajar sehingga ilmu akan mudah terserap dan hasil belajar yang bagus akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kelayakan fasilitas bengkel permesinan terhadap hasil belajar praktikum pemesinan di SMKN 1 Singosari, (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar praktikum pemesinan di SMKN 1 Singosari, dan (3) pengaruh kelayakan fasilitas bengkel permesinan dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar praktikum pemesinan di SMKN 1 Singosari.

Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto dengan subjek penelitian siswa di SMKN 1 Singosari kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan dan Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Industri yang berjumlah 86 siswa. Uji coba instrument dilaksanakan di SMKN 6 Malang dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan analisis analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh kelayakan fasilitas bengkel permesinan terhadap hasil belajar praktikum pemesinan di SMKN 1 Singosari, dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,020 yang berarti kurang dari 0,05 (0,020