SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Peralatan Kelistrikan, Performansi Guru dan Kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Praktikum Kelistrikan Siswa Kelas XI di SMKN 6 Malang

Made Kusbanu

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusbanu, Made. 2017. Hubungan Persepsi Siswa tentang Fasilitas Peralatan Kelistrikan, Performansi Guru dan Kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Praktikum Kelistrikan  Siswa Kelas XI di SMKN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Eko Edi Purwanto, S.E., M.Pd., M.M., (2) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: persepsi siswa, fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru, kesiapan Belajar, hasil belajar

Persepsi adalah suatu proses yang ditempuh individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera mereka agar memberi makna bagi lingkungan. Komponen yang berperan sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar praktikum kelistrikan siswa adalah fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru serta kesiapan dari siswa itu sendiri dalam mengusai kompetensi tentang kelistrikan.Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar tingkat hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru dan kesiapan siswa dengan hasil belajar SMKN 6 Malang.

Penelitian ini tergolong penelitian ex post fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 157 siswa, sementara sampel yang diambil berjumlah 71 siswa dari populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Dengan teknik analisis product moment pada hipotesis pertama, kedua dan ketiga serta dengan teknik analisis regresi pada hipotesis ke empat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada hubungan antara hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan dengan hasil belajar, nilai r = .242, (2) ada hubungan persepsi siswa tentang performansi guru dengan hasil belajar, nilai r = .263, (3) ada hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar, r = .364 dan (4) ada hubungan persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru dan kesipan siswa dengan hasil belajar, R square = .147.

Kesimpulan yang bisa ditarik dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang fasilitas peralatan kelistrikan, performansi guru dan kesiapan belajar siswa tergolong baik sehingga mempengaruhi hasil belajar yang baik pula. Dari penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan kelengkapan dan kelayakan peralatan kelistrikan yang kurang dan sedikit tidak layak pakai. (2) Guru agar lebih meningkatkan performansinya dalam kelas supaya siswa aktif belajar dan memberi motivasi supaya siswa memiliki kesiapan beajar yang baik. (3) Peneliti selanjutnya menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian sejenis dengan variabel berbeda yang belum ada pada penelitian ini. Variabel lain yang bisa diteliti seperti motivasi belajar siswa, rasa percaya diri, konsentrasi belajar, kebiasaan belajar, karakteristik siswa, pemahaman siswa tentang praktikum kelistrikan, bagaimana prosedur pelaksanaan praktikum kelistrikan, bagaimana sikap dari siswa tersebut pada saat melaksanakan praktikum kelistrikan.