SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA POKOK BAHASAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 10 MALANG

Ahmad Jama Adi

Abstrak


ABSTRAK

 

Adi, Ahmad Jama. 2016. Pengembangan Moduldengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Pokok Bahasan Dasar-Dasar Elektronika untuk Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd (II) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran inkuiri, modul dasar-dasar elektronika.

 

 

            Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan tambahan refrensi bahan ajar berupa modul untuk siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang, serta mengetahui kualitas produk bahan ajar modul yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran dasar elektronika.

 

Metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Dick dan Carey yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut antara lain: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran, (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengem-bangkan dan memilih bahan ajar, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) melakukan revisi terhadap program pembelajaran, dan (10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif, namun dalam penelitian ini untuk langkah ke-10 tidak dilakukan karena keterbatasan waktu untuk melakukan seluruh kegiatan belajar dalam waktu satu semester. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang diberikan ke pada ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar berupa hasil tanggapan media pembelajaran.

 

            Hasil dari penelitian dan pengembangan ini telah melalui 3 tahap uji coba formatif, yaitu (1) uji ahli media dan uji ahli materi, (2) uji coba kelompok kecil, (3) uji coba kelompok besar. Dari ketiga tahap uji coba yang telah dilakukan didapat hasil sebagai berikut: (1) ahli media mendapatkan persentase sebesar 95,48% dinyatakan sangat valid dan ahli materi pembelajaran mendapat­kan per­sentase sebesar 87,29% dinyatakan sangat valid, (2) uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 96,78% yang berarti sangat valid, (3) uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 90,18% yang berarti sangat valid. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid  dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.