SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggantian Variasi Gaya Tekan Pegas Kopling Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z

restu dwi tegar prakoso

Abstrak


Performa mesin standar yang dirasa kurang maksimal sehingga modifikasi menjadi suatu pilihan. Banyak produk spare part di pasaran yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa mesin. Salah satunya dengan pegas kopling yang memiliki gaya tekan tinggi, hal ini dirasa dapat meningkatkan efisiensi sistem pemindah tenaga pada sepeda motor. Dengan menambah tekanan pada pegas kopling, dirasa dapat mengurangi kerugian performa pada bagian kopling, sehingga daya dan torsi yang diteruskan kopling semakin maksimal.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1)Untuk mengetahui pengaruh penggantian pegas kopling dengan gaya tekan 20 kg terhadap daya dan torsi pada mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggantian pegas kopling dengan gaya tekan25 kg terhadap daya dan torsi pada mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggantian pegas kopling dengan gaya tekan28 kg terhadap daya dan torsi pada mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z, (4) Untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi antara variasi pegas kopling (gaya tekan 20 kg, 25 kg, dan 28 kg) pada mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Obyek dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Jupiter Z. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis mann-whitney test dan Kruskal-wallis test dengan bantuan aplikasi komputer IBM SPSS  Statistics 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya dan torsi yang dihasilkan sepeda motor Yamaha Jupiter Z yang menggunakan variasi gaya tekanpegas kopling relatif sama, dengan kata lain tidak ada perbedaan daya dan torsi yang signifikan antara variasi pegas kopling (gaya tekan 20 kg, 25 kg, dan 28 kg) pada mesin sepeda motor Yamaha Jupiter Z.

Dengan demikian dapat disarankan agar penelitian ini memberikan pemahaman pada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan sepeda motor Yamaha Jupiter Z dalam meningkatkan daya dan torsi dengan penggantian variasi gaya tekan pegas kopling. Untuk peneliti lain disarankan agar meneliti lebih lanjut dengan variabel dari sistem pemindah tenaga yang lebih mendalam agar mendapat hasil yang lebih didalam berinovasi.