SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERUBAHAN SUDUT CAMSHAFT (LSA) TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR 4 TAK 110 CC

wahyu rofiul amin

Abstrak


ABSTRAK

Amin, Wahyu Rofiul. 2016. Pengaruh Perubahan Sudut Camshaft (LSA) Terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar pada Motor 4 tak 110 CC. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Partono M.Pd., (2) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd.

Kata Kunci: sudut camshaft (LSA), daya motor, konsumsi bahan bakar

Dari data AISI terbaru diperoleh data sebanyak 5,790,096 unit sepeda motor terjual pada Januari-September 2013, dan pada Januari-September 2014 sebanyak 6,046,344 unit. Dari total penjualan tahun 2014 kalau dirinci lagi berdasarkan area atau wilayah maka didapatkan 5 area penyumbang terbanyak periode Januari-September 2014 yaitu: Jawa Timur sebanyak 1,033,925 unit (17.1%), Jawa Barat sebanyak 1,009,945 unit (16.7%), DKI Jakarta sebanyak 858,581 unit (14.2%), Jawa Tengah 646,959 unit (10.7%), Sumatra Utara 344,641 (5.7%).

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, bentuk rancangan yang digunakan dalam penelitian eksperimental ini adalah post test only design. Penelitian ini menggunakan tiga buah camshaft, yaitu camshaft standart, Sudut camshaft dengan LSA 105°, dan camshaft dengan LSA 106°. Camshaft diuji menggunakan dynotest untuk mengetahui daya yang dihasilkan masing-masing camshaft dan diukur seberapa besar konsumsi bahan bakar dari masing-masing camshaft.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan bahwa semakin besar sudut camshaft maka semakin besar pula daya yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakar juga semakin banyak. Dapat dilihat untuk sudut chamshaf standart menghasilkan daya 8.132 HP di 7,000 Rpm, camshaft dengan LSA 105° menghasilkan daya sebesar 8.297 HP di 8,250 Rpm, dan camshaft dengan LSA 106° menghasilkan daya sebesar 9.009 HP di 8,000 Rpm. Konsumsi bahan bakar dari ketiga camshaft berbeda tetapi tidak signifikan, dapat dilihat untuk camshaft standart untuk menghabiskan 10 ml bahan bakar memerlukan waktu 19.39 detik di 1,500 Rpm dan 5.35 detik di 5,000 Rpm, camshaft LSA 105° memerlukan waktu 17.67 detik di 1,500 Rpm dan 5.10 detik di 5,000 Rpm, camshaft LSA 106° memerlukan waktu 18.18 detik di 1,500 Rpm dan 4.78 detik di 5,000 Rpm.

Hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa atau pihak lain yang akan melakukan penelitian lebih dalam mengenai perubahan sudut camshaft (LSA) . Untuk peneliti selanjutnya, bisa melakukan pengujian emisi gas buang, agar dapat diketahui apakah hasil pembakaran dalam kategori bagus apa kurang bagus dan dapat menambahkan perubahan pada tinggi lift camshaft sehingga dapat diketahui apakah ada kesamaan antara sudut camshaft dan tinggi lift.