SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Berfikir Kreatif dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

septa herlan efendi

Abstrak


Berfikir kreatif merupakan kemampuan mental yang dimiliki seseorang untuk menemukan atau menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda dengan melakukan pengubahan, pengkombinasian dan penerapan kembali ide-ide yang sudah ada. Dukungan sosial merupakan suatu proses penafsiran seseorang terhadap bantuan yang diberikan kepadanya, yang terdiri dari informasi atau nasehat, perhatian emosi yang akan membuat seseorang merasa diperhatikan. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang relevan dalam hal ini dilihat melalui nilai indeks prestasi komulatif (IPK)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berfikir kreatif dan dukunan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan sampel, dimana dalam pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling pada poulasi yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuisioner (angket) kepadaresponden dan dokumen yaitu nilai IPK. Pada angket menggunakan kuisioner tertutup yang berskala likert.

Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasional, analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Terdiri dari berfikir kreatif (X1), dukungan sosial (X2), prestasi belajar (Y).

Hasil penelitian menunjukan persentase dari tingkat berfikir kreatif (X1) dengan kriteria sangat tinggi (3,3%), tinggi (16,7%), dan cukup (54,4%), persentase dari dukungan sosial (X2) dengan kriteria sangat tinggi (15,6%), tinggi (30,0%), dan cukup (34,4%), dan persentase dari prestasi berlajar mahasiswa (Y) dengan kriteria sangat tinggi (10,0%), tinggi (36,7%), dan cukup (48,9%). Dan secara bersama-sama menujukkan bahwa berfikir kreatif dan dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 23% dan sisanya 77% dipengaruhi oleh faktor lain percaya diri, bakat, motivasi belajar dan lingkungan dll.

Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiwa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yaitu pertama, terdapat hubungan antara berfikir kreatif dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kedua, terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Ketiga, terdapat hubungan antara berfikir kreatif dan dukungan sosial dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

 

Saran dari penelitian dengan melihat hasil dan kesimpulan dari variabel berfikir kreatif, dukungan sosial, dan prestasi belajar maka peranan dosen, keluarga, teman dan lingkungan dalam pembelajaran sangat penting karena faktor tersebut sangat berpengaruh dengan prestasi belajar mahasiswa. Sehingga dengan adanya penelitian ini digunakan sebagai sumbangan informasi untuk menentukan kebijakan yang berhubungan dengan berfikir kreatif, dukungan sosial dan prestasi belajar mahasiswa dan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan dalam meningkatkan kualitas lulusan yang lebih baik khususnya Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.