SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Percaya Diri Dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

wahyu hari mukti

Abstrak


Dalam proses pembelajaran di diperguruan tinggi, rasa percaya diri dalam belajar merupakan salah satu faktor interen pendukung keberhasilan mahasiswa akan potensi yang dimilikinya, rasa percaya diri dalam belajar sangat penting untuk ditanamkan kepeda setiap mahasiswa, karena kurangnya rasa percaya dalam belajar diri bisa menyebabkan kegagalan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dikampus maupun saat proses belajar dikampus. Hal tersebut didasari oleh ketidak percayaan akan kemampuan dirinya dan dampak pada prestasi hasil belajar yang rendah. Sehingga dengan demikian rasa percaya diri dalam belajar harus ditumbuhkan agar memotivasi siswa menjadi berprestasi. Jika percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar tinggi, maka akan memperoleh pencapaiaan tingkat prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunkan sampel, dimana dalam pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling pada poulasi yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuisioner (angket) kepada responden. Tes terstandart dengan pilihan jawaban dan angket menggunakan kuisioner tertutup yang berskala likert.     Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasional dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan terdiri dari percaya diri dalam belajar (x1), motivasi belajar (x2), prestasi belajar (y).

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai presentase mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Persentase percaya diri dalam belajar diperoleh nilai dengan kriteria sangat baik (1.10%), baik (13.30%), dan cukup (51.10%), persentase motivasi belajar diperoleh nilai dengan kriteria sangat baik (18.90%), baik (44.40%), dan cukup (23.30%), dan persentase prestasi belajar diperoleh nilai dengan kriteria sangat baik (5.60%), baik (45.60%), dan cukup (38.90%). Maka dari itu percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 24% dan sisanya sebesar 76% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti, dukungan sosial, berfikir kreatif,  bakat akademik, dan lingkungan  sehingga dapat diteliti oleh peneleti selanjutnya.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan sebagai berikut; Pertama, ada hubungan antara percaya diri dalam belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Tenik Universitas Negeri Malang. Kedua, ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Ketiga, ada hubungan antara percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Merujuk dari hasil dan kesimpulan nilai percaya diri dalam belajar mahasiswa jurusan teknik mesin termasuk dalam kriteria cukup baik maka saran yang dapat diambil bagi dosen lebih memberikan motivasi kepada mahasiswa dan untuk mahasiswa bisa mengikuti kegiatan di kampus seperti organisasi, diklat atau seminar sehingga bisa  meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar mereka. Serta dengan adanya penelitian ini diharapakan dapat memberikan saran yang ilmiah sehingga dapat dipergunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil kebijakan-kebijakan untuk lebih meningkatkan sistem yang ada demi menciptakan lulusan yang mempunyai nilai prestasi belajar yang tinggi yaitu dengan cara meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar mahasiswa.