SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kompetensi Produktif antara Siswa Kelas Industri dengan Kelas Reguler Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 10 Malang

Deny Setyawan

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Efendi, Syaiful. 2016. Perbedaan Kompetensi Produktif antara Siswa Kelas Industri dengan Kelas Reguler Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd., (II) Drs. H. Agus Sholah, M.Pd.

Kata Kunci: kompetensi produktif, kelas industri, kelas reguler

 

Tujuan SMK adalah menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan  mengembangkan sikap profesionalis. Hal ini dapat diwujudkan melalui kerjasama internal dengan membuka kelas kerjasama atau kelas industri pada SMK. SMKN 10 Malang adalah salah satu sekolah yang menerapkan kelas kerjasama dengan pihak Honda di jurusan teknik kendaraan ringan. Kelas tersebut bernama kelas HTEC (Honda Technician Education Class) yang dirilis sejak tanggal 10 Desember 2014. Tujuan dengan adanya kelas HTEC ini mampu meningkatkan kompetensi produktif siswa pada kelas XII agar  mempunyai kompetensi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi produktif antara siswa kelas industri dengan kelas reguler.

Desain penelitian ini termasuk dalam desain eksperimen dengan post-test only control design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengelompokkan kelas yang terdiri dari kelas industri dan kelas reguler sedangkan kompetensi produktif merupakan variabel terikat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan pada kelas industri dan kelas reguler menggunakancluster sampling dan proportional sample sebagai teknik pengambilan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji t (Independent Sample t-Test).

Rata-rata nilai post-test kompetensi produktif siswa kelas industri adalah 83.8 dan rata-rata nilai post-test kompetensi produktif siswa kelas reguler adalah 76.94. Hasil uji t diperoleh nilai sig. (2 tailed)