SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH VARIASI BESAR ARUS LISTRIK PADA MESIN EDM TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA VCN

Soni Subakti

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Pada proses pemesinan, kehalusan dan ketelitian ukuran sangatlah berpengaruh terhadap hasil pekerjaan. Jika hasil pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan, maka pekerjaan tersebut dikatakan baik. Salah satu pemesinan non konvensional yang memenuhi masalah tersebut adalah mesin EDM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besar arus listrik pada mesin EDM terhadap kekasaran permukaan baja VCN. Fokus penelitian ini adalah pada hasil kekasaran permukaan baja VCN.

Penelitian ini menggunakan baja VCN dengan ukuran diameter 30 mm x 20 mm sebagai benda kerja yang akan diteliti kekasaran permukaannya dan tembaga dengan ukuran 20 mm x 10 mm sebagai elektroda (tool) dengan kedalaman pengikisan (depth) .5 mm. Penelitian dilakukan dengan menggunakan variasi arus 1A, 4A, dan 7A, setiap arus dilakukan 3 kali pengulangan. Kemudian hasil yang diperoleh dari setiap arus dibandingkan untuk mengetahui tingkat kekasaran yang paling halus dan kasar. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan One Way Anova.

Berdasarkan hasil penelitian, menghasilkan data sebagai berikut: (1) arus 1A memiliki nilai rata-rata kekasaran permukaan sebesar 1.475 µm, (2) arus 4A memiliki nilai rata-rata kekasaran permukaan sebesar 3.954 µm, dan (3) arus 7A memiliki nilai rata-rata kekasaran permukaan sebesar 5.919 µm. Dari nilai tersebut bahwa semakin kecil arus yang digunakan maka hasilnya halus dan semakin besar arus yang digunakan maka hasil kekasaran permukaannya kasar.