SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Lamanya Praktik Kerja Industri, Nilai Hasil Praktik Kerja Industri, dan Hasil Belajar Dengan Kesiapan Kerja siswa Pada Diklat Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI 3 Malang dan SMKN 6 Malang.

ADEN AYUN BARKOS

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Barkos, Aden Ayun. 2015. Hubungan Antara Lamanya Praktik Kerja Industri, Nilai Hasil Praktik Kerja Industri, dan Hasil Belajar Dengan Kesiapan Kerja siswa Pada Diklat Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI 3 Malang dan SMKN 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Paryono, S.T., M.T, (II) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T.

Kata kunci: Lama Praktik Kerja Industri, Nilai Hasil Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar, dan Kesiapan Kerja

Era persaingan global yang dihadapi saat ini menuntut akan sumber daya manusia yang berkualitas untuk siap menjadi tenaga kerja professional di bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu langkah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan proses pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri. Namun pada kenyataannya sebagian besar lulusan SMK masih belum bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui adanya hubungan antara lamanya praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa pada mata diklat teknik kedaraan ringan (2) Untuk mengetahui adanya hubungan antara nilai hasil praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa pada mata diklat teknik kedaraan ringan (3) Untuk mengetahui adannya hubungan antara hasil belajar dengan kesiapan kerja siswa pada mata diklat teknik kedaraan ringan (4) Untuk mengetahui adanya hubungan antara lamanya praktik kerja industri, nilai hasil praktik kerja industri dan hasil belajar dengan kesiapan kerja siswa pada mata diklat teknik kedaraan ringan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Deskriptif. Obyek dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah SMK Teknik yang ada di Kota Malang. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 16 for Windows.

Berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = -77.852 + -0.190 X1 + 16.619 X2 + 0.435 X3. Kontribusi Lama Praktik Kerja Industri, Nilai Hasil Praktik Kerja Industri dan hasil belajar dengan kesiapan kerja sebesar 41,2%. Secara koefisien korelasi hubungan lama praktik kerja industri dengan kesiapan kerja sebesar -0.200, hubungan nilai hasil praktik kerja industri sebesar 0.626, hubungan hasil belajar sebesar 0.407.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan anatara lama Praktik Kerja Industri, nilai hasil praktik kerja industri, dan hasil belajar dengan kesiapan kerja siswa pada mata diklat teknik kendaraan ringan di SMK PGRI 3 Malang dan SMKN 6 Malang baik secara simultan. Saran yang dapat disampaikan antara lain: pihak dunia kerja atau dunia industri tempat Prakerin hendaknya memberikan spesifikasi pekerjaan yang sesuai dengan keahlian siswa di bidang Otomotif agar siswa memiliki pengalaman kerja di bidang Otomotif untuk memasuki dunia kerja.