SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhGaya BelajarterhadapHasilBelarSistem Pengapian Sepeda Motor Siswa Kelas XI di SMK PGRI Singosari

fajar adi arifianto

Abstrak


Hasil belajar merupakan tolak ukur siswa guna untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami suatu materi.Dimana hasil belajar di pengaruhi beberapa faktor, yaitu internal (kepribadian, gayabelajar) dan eksternal (lingkungan, media pendidikan dan sarana).Diantaranya menjadi fenomena baru dikalangan akedemisi terkait faktor internal, yang mempengaruhi pemahaman materi mata pelajaran siswa diantaranya gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Deskripsi Perbedaan gaya belajar dan hasil belajar; (2) Pengaruh Perbedaangaya belajar terhadap hasil belajar siswa.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif.Populasi yang dipilih adalah siswa kelas XI SMK PGRI Singosari sebanyak 99 siswa dan sampelnya sebesar 66 siswa.Pengambilan sampel dilakukan dengan metod eproportional random sampling.Skalapengukuranmenggunakan skala Likert dengan lima pilihan jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan 66 item pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel.Berdasarkan hasil uji asumsi klasik, model regresi memenuhi asumsi normalitas dan layak untuk dipakai, tidak terjadi mutikolineritas,tidak terjadi heteroskedastisitas dan ketiga gaya belajar tersebut berdasarkan hasil belajarnya mempunyai varian yang sama.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keragaman gaya belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pelajaran sistem pengapian sepeda motor di SMK PGRI Singosari.

.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Perlu adanya kemauan untuk berinteraksi antara teman maupun guru, serta dapat menyadari perbedaan kecenderungan gaya belajar yang terdiri dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, sehingga dapat membantu cara belajar sasaran belajar yang efektif dan efisien, (2) Sebagai sumbangan pemikiran bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Dengan mengetahui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, maka guru lebih memberikan motivasi seperti memberitahu cara belajar dan gaya belajar yang sesuai dengan siswa, perhatian ke pada siswa yaitu dengan cara memperhatikan siswa yang aktif dan pasif, dan memberikan saran-saran kepadasiswa yang pasif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Bagi peneliti yang berminat untuk melakukan penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan hasil belajar yang digunakan dalam penelitan yaitu menggunakan nilai murni sebelum adanya remidian, perhatikan keseriusan dan ketepatan siswa dalam pengisian angket serta memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar seperti factor eksternal dan internal.