SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kerjasama SMK dengan Industri dalam Pelaksanaan Rekrutmen Tenaga Kerja Melalui Bursa Kerja Khusus di SMK Negeri 1 Singosari Malang.

Puteri Ardista Nursisda Mawangi

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Didalam lembaga sekolah terdapat BKK (Bursa Kerja Khusus), dimana BKK membantu penyaluran tenaga kerja yang merupakan siswa/siswi lulusan SMK yang disalurkan keindustri. BKK merupakan badan atau organisasi sekolah yang dibentuk oleh sekolah yang menangani penyaluran kerja bagi tamatan SMK. Pada ranah ini peneliti berharap mengetahui program seperti apa yang diterapkan oleh BKK agar tamatan SMK dapat terserap sempurna didunia kerja. Perlu diketahui bahwa tidak semua SMK memiliki lembaga BKK yang aktif didalamnya, hanya SMK yang berstandart ISO atau sejenis yang memilikinya (BKK yang aktif). Dengan begitu dapat disimpulkan keberadaan SMK memiliki peran penting dalam proses rekrutmen karyawan untuk industri dengan bantuan BKK. enelitian ini bertujuan untuk: (1) Proses kerjasama antara BKK dengan dunia industri, (2) partisipasi industri dalam rekrutmen tenaga kerja yang diselenggarakan oleh BKK bagi lulusan SMK, (3) pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja melalui BKK di SMK, (3) Keuntungan dan kelemahan dari pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja melalui BKK di SMK.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus BKK yang berjumlah 2 orang, siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan 2015/2016 yang berjumlah 1 orang, dan alumni lulusan 2013 1 orang dan ketua program studi teknik permesinan 1 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data disajikan dengan hasil transkrip wawancara narasumber, dokumentasi, observasi. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) proses kerjasama BKK dengan industri (pasangan dan bukan pasangan) dapat dilakukan dengan pendekatan dan seleksi, (2) partisipasi industri dalam rekrutmen tenaga kerja yang diselenggarakan oleh BKK bagi lulusan SMKN 1 Singosari Malang memiliki partisipasi yang bersifat hak/kewenangan industri, (3) pelaksanaan rekrutmen tenaga kerja yang diselenggarakan oleh BKK diawali dengan perencanaan rekrutmen yang dilakukan industri meliputi analisis jabatan/pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja baru, industri menjalin kerjasama dengan SMK melalui BKK untuk menyampaikan pengumuman pelaksanaan rekrutment kepada para siswa dan alumni, pengumuman