SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Sub Pokok Mata Pelajaran Seni Rupa Sekolah Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek.

Ega Desitaning Saputri

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Sekolah paket B Tunas Bangsa yang berada di Kabupaten Trenggalek merupakan sekolah yang telah diselenggarakan oleh pemerintah daerah Trenggalek untuk mengatasi permasalahan wajib lulus pendidikan dasar setara dengan SMP. Siswa di sekolah Paket B memiliki karakteristik tersendiri dari siswa lainya yang berada di SMP, hal tersebut disebabkan latar belakang peserta didik adalah siswa putus lanjut, dengan berbagai persoalan ekonomi sosial dan budaya. Untuk itu peneliti berupaya meneliti dengan teknik observasi dan wawancara dengan narasumber untuk mengetahui: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa Sekolah Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa Sekolah Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek, dan (3) bagaimana evaluasi pembelajaran Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa Sekolah Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa Sekolah  Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek.

Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sumber data dari guru Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa, dengan menggunakan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Dokumen terkait berupa RPP, silabus, dan siswa. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi, paparan data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan kegiatan pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek berjalan dengan baik dengan menyusun RPP dan silabus sesuai dengan kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa Sekolah Paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek berjalan secara efektif dan efisien dari kegiatan awal hingga akhir pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya sub pokok mata pelajaran seni rupa sekola paket B Tunas Bangsa di Kabupaten Trenggalek sudah berjalan sesuai dengan kurikulum KTSP dengan sistem penilaian yang digunakan adalah tes dan nontes sebagai pertimbangan nilai akhir siswa.