SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 SINGOSARI

Desi Adi Saputro

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan lembaga yang mempersiapkan peserta didiknya untuk mampu menguasai bidang tertentu, inilah salah satu wujud dari pendidikan kejuruan. Salah satu fungsi yang cukup penting dari SMK adalah Uji Kompetensi Kejuruan (UKK). Uji Kompetensi bertujuan untuk melihat bukti terhadap peserta didik di SMK yang telah melalui proses pembelajaran dan telah memiliki kompetensi. Uji Kompetensi Kejuruan membutuhkan DU/DI (dunia usaha/dunia industri) dalam pelaksanaannya, karena DU/DI memiliki kompetensi untuk menilai hasil unjuk kerja siswa setelah proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui tahap persiapan UKK, (2) Mengetahui pelaksanaan UKK, dan (3) Mengetahui evaluasi dan penerbitan sertifikat UKK Teknik Mesin di SMK Negeri 1 singosari.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipilih adalah studi kasus. Jenis penelitian ini dipilih karena untuk mengungkapkan proses pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Singosari secara intensif dan rinci dalam keadaan yang alamiah atau naturalistik.Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen.

Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data, maka diperoleh tiga simpulan berikut.Pertama, tahap persiapan UKK Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Singosari dijalankan sesuai dengan prosedur pada Pedoman UKK 2016. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan verifikasi kelayakan tempat, DU/DI memenuhi syarat, verifikasi penguji eksternal dan internal, analsis soal dan pedoman penilaian. Semua proses dilaksanakan dengan prosedur yang benar. Persyaratan untuk DU/DI, penguji eksternal dan internal juga dipenuhi dengan baik.Kedua, tahap pelaksanaan UKK Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Singosari yang melibat penguji eksternal dari DU/DI sudah sesuai dengan prosedur. Penguji memberikan penilaian dengan melihat proses persiapan siswanya, unjuk kerja, dan hasil kerja siswa. penilaian yang dilakukan oleh penguji eksternal juga menggunakan pedoman penilaian dari pemerintah. Penguji juga diberikan wewenang untuk menilai sesuai dengan penilaian yang ada di perusahaan.Ketiga, tahap evaluasi dan penerbitan sertifikat juga dijalankan dengan baik. Tahap evaluasi dilakukan dengan menggabungkan dua nilai dari penguji eksternal dan penguji internal. Aturan penilaian ini juga sesuai dengan Pedoman UKK 2016. Penerbitan sertifikat juga dilakukan dengan diberikannya tanda tangan dari DU/DI sebagai bukti bahwa lulusan SMK Negeri 1 Singosari memiliki kompetensi seperti yang diujikan.

Hasil penelitian bermanfaat untuk memberikan gambaran pelaksanaan UKK di SMK Negeri 1 Singosari. Pelaksanaan UKK tersebut dapat dijadikan contoh dan tolak ukur proses evaluasi di SMK. Jika lembaga pendidikan mampu menjalankan dengan baik dan maksimal, maka pembangunan manusia yang memiliki kompetensi yang baik akan terwujud. SMK dan DU/DI sangat perlu untuk meningkatkan kerjasamanya agar berkurangnya pengangguran saat ini.