SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Layout Bengkel Pemesinan terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Praktik Pemesinan di SMK Turen

Bagus Pratama Putra

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Putra, Bagus Pratama.  2016. Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Layout Bengkel Pemesinan Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Praktik Pemesinan di SMK Turen. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widiyanti, M.Pd, (II) Drs. Suwarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: fasilitas bengkel pemesinan, layout bengkel pemesinan, motivasi belajar, hasil belajar, pemesinan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas bengkel dan layout bengkel pemesinan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam praktik pemesinan di SMK Turen. Diharapkan dengan adanya sarana dan prasarana praktik yang memadai dan terstandar, serta layout bengkel yang baik akan berdampak baik terhadap motivasi belajar siswa khususnya praktik pemesinan, hal inilah yang nantinya akan meningkatkan kompetensi siswa dalam keahlian praktik pemesinan dan akan meningkatkan kualitas lulusan SMK.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian antara lain: fasilitas bengkel pemesinan (X1), layout bengkel pemesinan (X2), motivasi belajar (Y), dan hasil belajar (Z). Sampel yang diambil adalah siswa jurusan teknik pemesinan (TPm) kelas XI TPm 1, 2, dan 3 di SMK Turen, dengan tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 67 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan teknik angket, checklist, dan dokumentasi. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), dan uji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas bengkel terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TPm, dengan nilai kontribusi sebesar 2,75%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara layout bengkel terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TPm, dengan nilai kontribusi sebesar 21,99%. (3) Terdapat pengaruh antara fasilitas bengkel terhadap hasil belajar siswa kelas XI TPm pada mata pelajaran praktik pemesinan di SMK Turen, dengan nilai kontribusi sebesar 0,94%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara layout bengkel terhadap hasil belajar siswa kelas XI TPm pada mata pelajaran praktik pemesinan di SMK Turen, dengan nilai kontribusi sebesar 3,72%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI TPm pada mata pelajaran praktik pemesinan di SMK Turen, dengan nilai kontribusi sebesar 13,40%. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas bengkel, dan layout bengkel terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TPm pada mata pelajaran praktik pemesinan di SMK Turen, dengan nilai kontribusi sebesar 33,3%. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas bengkel, layout bengkel, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran praktik pemesinan di SMK Turen, dengan nilai kontribusi sebesar 21%.