SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webpada Matapelajaran Sejarah Kelas XI IPSdi SMA NegeriAmuntai. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang

Fajerin Biabdillah

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) menuntut siswa untuk memiliki pengetahuan luas, kepribadian yang baik, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Berdasarkan observasi di SMAN 1 Amuntai, terdapat permasalahan yaitu kurangnya media pembelajaran yang disediakan oleh SMAN 1 Amuntai pada matapelajaran Sejarah yang berdampak pada proses pembelajaran yang kurang menarik dan nilai matapelajaran sejarah kelas XI IPS yang berada di bawah KKM. Didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai seperti lab komputer dan koneksi internet maka dapat dikembangkan media pembelajaran berbasis web yang layak digunakan pada kegiatan belajar mengajar sebagai media penunjang pembelajaran matapelajaran sejarah yang interaktif, inovatif, dan menyenangkan khususnya pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Amuntai.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development,Implementation dan Evaluation. Pada tahap analisis dimulai dengan identifikasi masalah yang terjadi di sekolah dan rencana penyelesaiannya, kemudian pada tahap desain/perancangan merupakan tahap perancangan konsep dan sampai dengan perancangan media pembelajaran. Tahap pengembangan merupakan tahap pembuatan media pembelajaran dan validasi ahli. Tahap yang terakhir adalah evaluasi yang berada pada setiap tahap model pengembangan ADDIE. Selanjutnya hasil penelitian pengembangan ini produk berupa web untuk matapelajaran sejarah pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Amuntai.

Media pembelajaran berbasis web yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta di uji coba kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ahli materi menyatakan media pembelajaran 94,1% sangat valid dan ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran 93,7% sangat valid.Hasiluji coba kelompok kecil menyatakan bahwa media pembelajaran 90,4% sangat layak dan hasil uji coba kelompok besar menyatakan media pembelajaran 91.1% sangat layak.Dapat disimpulkan bahwa produk berupa media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis web untuk proses pembelajaran matapelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Amuntai.