SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Berwawasan KeIndonesiaan untuk SMK

Nadya Sheematha Uno

Abstrak


Era globalisasi serta pesatnya perkembangan teknologi merupakan faktor yang menentukan profil manusia yang dibutuhkan oleh dunia informasi terkini khususnya dalam bidang ekonomi. Profil semacam ini erat kaitannya dengan siswa yang sedang menempuh proses belajar di sekolah. Terkait dengan upaya membina siswa menjadi sumber daya manusia yang bertanggung jawab serta berjiwa nasionalisme, sekolah berupaya melakukan pembinaan jati diri bangsa melalui siswa yang telah ditantang oleh unsur budaya baru yang dibawa khususnya oleh media massa. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi tenaga kerja yang mampu berperan sebagai alat unggulan bagi industri-industri Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Proses yang ditempuh dalam mempersiapkan siswa SMK tersebut yang kemudian melandasi penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran ekonomi berwawasan keIndonesiaan ini. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk video pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk CD.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Pengembangan ini menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Uji coba lapangan tahap awal dilakukan dengan subyek uji coba ahli materi dan ahli media. Tahapan selanjutnya adalah revisi produk tahap I yang kemudian diikuti oleh uji coba lapangan terbatas. Produk kemudian menjalani revisi tahap II sebelum kemudian dilakukan uji kelayakan. Data kuantitatif selanjutnya diperoleh dari hasil belajar siswa dalam bentuk nilai pretest dan posttest, uji homogenitas dan uji normalitas. Seluruh data kuantitatif selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS.

Hasil uji validasi kelayakan multimedia interaktif berdasarkan hasil angket dari ahli media adalah 93,33% (sangat layak), hasil angket dari ahli materi adalah 92,67% (sangat layak), dan hasil angket dari responden adalah 96,36% (sangat layak). Data kuantitatif selanjutnya diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang dilaksanakan di kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 59.06 dan 85.31 sehingga gain value yang diperoleh sebesar 26.25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan multimedia interaktif pelajaran ekonomi karena peningkatan rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa media telah layak untuk digunakan.