SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Gallery Projectdan Lokus Kendali terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata PelajaranPekerjaan Dasar Teknik Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK

Vicky Pratica Evita Sari

Abstrak


Pembelajaran di SMK bertujuan untukmempersiapkansiswa memasuki dunia industri, sehingga model pembelajaran yang digunakan harus berorientasi dunia kerja. Namun realitas di lapangan masih belum optimal dalam membentuk pemahaman dan keterampilan siswa sesuai dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut, perlu digunakan model pembelajaran yang mampu membentuk kondisi belajar sesuai dengan kondisi dunia kerja.Penelitian ini menerapkan model PBMGallery Project dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMK.Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif antara kelompok siswa yang dikenakan model PBM Gallery Projectdan kelompok siswa yang dikenakan model Pembelajaran Ekspositori dengan mempertimbangkan kelompok lokus kendali siswa sebagai karakteristik siswa, serta interaksinya.

Penelitian ini berjenis quasi eksperimental dengan metode Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekniksimple random sampling yaitu memilih sampelsecaraacak. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang dikenakan model PBMGallery Project dan kelompok kontrol yang dikenakan model Pembelajaran Ekspositori. Setiap kelompok dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok dengan lokus kendali internal dan kelompok dengan lokus kendali eksternal.

Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, non tes, dantes. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS 18.0 untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar berdasarkan model pembelajaran dan kelompok lokus kendali. Taraf signifikansi yang digunakan sebesar 0,05, dan dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar jika probabilitas di bawah 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dikenakan model PBMGallery Project dengan model Pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaranPekerjaan Dasar Teknik Otomotif Jurusan TKR SMK; (2) tidakterdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang memiliki lokus kendali internal dan siswa yang memiliki lokus kendali eksternal pada mata pelajaran         PDTO Jurusan TKR SMK; dan (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan model PBM Gallery Projectdan lokus kendali terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaranPDTO Jurusan TKR SMK.