SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Injector Vixion dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Yamaha MIO J Terhadap Daya Motor

Virjiawan . Tristianto

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Indonesia dijadikan kesempatan besar oleh pengusaha otomotif sebagai pasar penjualan dari berbagai produk otomotif. Dengan sangat pentingnya alat transportasi ini maka masyarakat akan memilih sepeda motor yang mempunyai tenaga besar, irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Saat ini berkembang teknologi EFI (electronic fuel injection)  mesin sepeda motor untuk pada mesin sepeda motor untuk dapat meningkatkan prestasi mesin Tanpa disadari semakin lama mesin digunakan dapat berpengaruh terhadap daya sepeda motor itu sendiri.. Hal tersebut juga dipengaruhi dengan kinerja injector, pada mesin berteknologi EFI injector berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar kesaluran masuk (intake manifold) biasanya sebelum katup masuk, namun ada juga yang ke throttle body. Volume penyemprotan disesuaikan oleh waktu pembukaan nozzle/injector. Lama dan banyaknya penyemprotan diatur oleh ECU (Electronik Control Unit).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan Injector Vixion dan ECU standar dan pemasangan Injector standar dan ECU racing dan juga pemasangan Injector Vixion dan ECU racing terhadap daya pada sepeda motor Yamaha Mio J, dan diperoleh alternative yang menambah daya pada pemakaian komponen tersebut yang menambah daya motor.

Penelitian ini dilaksanakan di bengkel AUTO GARAGE pada tanggal 12 mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji beda Paired Sample Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya mesin lebih tinggi pada saat penggunaan Injector Vixion dan ECU racing karena proses pencampuran bahan bakar yang lebih banyak dan sempurna yang diberikan oleh Injector Vixion dan ECU racing, sehingga daya yang dihasilkan menjadi lebih tinggi dari pada penggunaan Injector Vixion dan ECU standar dan juga penggunaan Injector standar dan ECU racing maupun dengan daya mesin yang menggunakan Injector dan ECU standar.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dan setelah dilalukan analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan Injector Vixion dan ECU standar dengan Injector dan ECU standart. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan Injector standar dan ECU racing dengan penggunaan Injector dan ECU standar pada daya motor, dan ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan Injector Vixion dan ECU racing dengan Injector dan ECU standar terhadap daya motor. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan pengimbangan komponen lainnya pada CVT (Continuously Variable Transmission) seperti roller dan secondary sheave sepeda motor matic.