SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Pemeliharaan Dan Perbaikan Pada Bengkel Pemesinan Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang

Rahmat Bagus Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Rahmat Bagus. 2016. Manajemen Pemeliharaan Dan Perbaikan Pada Bengkel Pemesinan Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, universitas negeri malang. Pembimbing (I): Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd, Pembimbing (II): Drs. Solichin, S.T.,M.Kes.

 

Kata Kunci: Manajemen Pemeliharaan, Perbaikan Pada Bengkel Pemesinan, SMK

Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan teknik pemesinan merupakan penyedia sumber daya manusia yang sesuai sebagai mekanik. Tujuan SMK dapat menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan berpengalaman, harus ditunjang dengan sarana dan prasarana pendidikan yang baik. Salah satu dari sarana dan prasarana yang paling menunjang adalah bengkel/laboratorium beserta peralatan dan perlengkapan yang ada di dalamnya. Mengingat pentingnya bengkel di SMK maka bengkel tersebut harus dikelola dengan baik agar siswa dapat dengan mudah mengasah dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejauh mana manajemen pemeliharaan dan perbaikan pada bengkel pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang ditinjau dari segi perencanaan, pengorganisasian, penstafan, penggerakan, dan pengawasannya.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen dari Permendiknas No. 40 Tahun 2008 serta melakukan penelusuran dokumen, melakukan wawancara untuk mendalami dan sebagai penguatan dari dokumen-dokumen yang ada maka sangat penting menggunakan prinsip triangulasi. Dari teknik yang digunakan akan dihitung dengan perhitungan skoring sesuai dengan perhitungan skala persentase dan akan dideskripsikan dalam bentuk simpulan hasil penelitian.

Dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian prasarana kelayakan di tinjau dari kualitas dan kuantitas Bengkel Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 adalah 73,75%, maka dapat dikatakan layak berdasarkan hasil pencapaian standar yang dilakukan pada prasarana RPK (Ruang Pembelajaran Khusus) Program Keahlian Teknik Pemesinan yang meliputi area kerja bangku, ruang laboran CNC/Gambar Manufactur, area kerja mesin bubut, area kerja mesin frais, dan ruang penyimpanan alat dan instruktur sesuai Permendiknas No. 40 Tahun 2008. Ketercapaian sarana kelayakan ditinjau dari kualitas, kuantitas dan kemutakhiran Bengkel Program Keahlian Teknik Pemesinan adalah 87,31%. Dapat dikatakan layak berdasarkan hasil pencapaian standar yang dilakukan pada sarana RPK (Ruang Pembelajaran Khusus) Program Keahlian Teknik Pemesinan yang meliputi area kerja bangku, ruang laboran CNC/Gambar Manufactur, area kerja mesin bubut, area kerja mesin frais, dan ruang penyimpanan alat dan instruktur sesuai Permendiknas No. 40 Tahun 2008, sehingga dapat mendukung peningkatan kompetensi siswa sesuai dengan dunia industri dan teknologi terkini, sehingga siswa/peserta didik mempunyai keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri di Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang.