SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PenggaruhPenggunaanKnalpot Racing TerhadapDayadan CO2, CO, HC PadaMesinSepeda Motor Yamaha new vixion lightning

henry walker

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

 

Walker, Henry. 2016. PenggaruhPenggunaanKnalpot Racing

TerhadapDayadan CO2, CO, HC PadaMesinSepeda Motor Yamaha new vixion lightning Skripsi, JurusanTeknikMesin, FakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mardji, M.Kes., (2) Drs. IrMustaman,  M.Pd.

Kata Kunci :penggunaanknalpot racing, daya, emisi gas buang.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu mengalami kemajuan yang pesat, semakin modern serta canggih.Kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan benekaragam, juga memicu berkembangnya teknologi, terutama teknologi di bidang otomotif, tuntutan manusia pada bidang tersebut semakin berkembang pula. Manusia menghendaki kemudahan dalam segala bidang tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.Manusia juga menginginkan segala sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat, salah satunya adalah  di bidang transportasi.Teknologi  Fi adalah teknologi yang ramah lingkungan, karena mampu menekan dan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Hal ini menyesuaikan dengan standar pemerintah Indonesia yang mulai menerapkan pada kendaraan bermotor roda 2 sesuai Standar Euro 3. Fi sendiri singkatan dari Fuel Injection yang bekerja secara elektronik sebagai sistem suplai bahan bakar yang artinya system terprogram untuk memasok BBM dan oksigen sesuai kebutuhan mesin dengan perhitungan yang tepat dan akurat sehingga mampu menghasilkan tenaga yang responsive dan irit bahan bakar juga ramah lingkungan Pabrik sudah merancang dan meneliti tentang daya pada sepeda motor matic dengan harapan mesin mampu menghasilkan tenaga yang besar dengan bahan bakar yang efisien, namun pada kenyataanya sepeda motor banyak yang diganti knalpot bawaan standar pabrik dengan memakai knalpot racing dengan harapan agar daya dapat maksimal, sesuai dengan ilmu pengetahuan penulis ingin mencari karak terdengan cara menggunakan knalpot racing pada Yamaha new vixion lightning.Alat ini dipasang pada saluran gas buang.Sehingga memiliki karakteristik sesuai dengan kondisi mesin sehingga mendapatkan tenaga yang optimal danemisi gas buang yang di hasilkan dari pembakaran rendah.

Penelitian ini bertujuanantara lain: untuk mengetahui pengaruh daya penggunaan knalpot racing dengan variasi putaran terhadap daya sepeda motor yamaha new vixion lightning, untuk mengetahui penggaruh kadaremisi gas buang penggunaan knalpot racing dengan variasi putaran terhadap CO sepeda motor yamaha new vixion lightning, untuk mengetahui penggunaan knalpot racing dengan variasi putaran terhadap CO2 sepeda motor yamaha new vixion lightning, untuk mengetahui penggunaan knalpot racing dengan variasi putaran terhadap HC sepeda motor yamaha new vixion lightning

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dan menggunakan analisis anova satu arah atau one way anova.Pengujian daya dilakukan dengan menggunakan dynotest, sedangkan untuk pengujian emisi gas buang, dilakukan dengan menggunakan gas analyzer.Pengujian dilakukan pada rpm 1750, 2000, 2250, 2500, 2750, 3000, 3250, 3500, 3750 dan rpm 4050. Untuk pengambilan data daya dan emisi gas buangCO, CO2 dan HCdilakukan dengan beban tak tentu dan pada gigi 5 (gigi rasio 5), untuk menjaga keabsahan data dilakukan tiga kali pengujian tiap pengantianknalpot.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Penggaruh Penggunaan Knalpot Racing Terhadap Daya dan CO2, CO, HC Pada Mesin Sepeda Motor Yamaha new vixion lightning. Hasil daya tertinggi menggunakan knalpot standart 9.46 hp pada putaran yang sama yaitu 3500 rpm,daya yang dihasilkan lebih tinggi dari knalpot racing8.54 hp pada putaran 3500 rpm. Hasil emisi gas buang CO tertinggi menggunakan knalpot standart sebesar 4.44 %vol pada putaran 4000 rpm.,emisi gas buang CO yang dihasilkan lebih tinggi dari knalpot racing adalah sebesar 3.44 %vol pada putaran 1750 rpm. Hasil emisi gas buang CO2 tertinggi menggunakan knalpot standart knalpot standart adalah sebesar 6.86 %vol pada putaran 4000 rpm,emisi gas buang CO2 yang dihasilkan lebih tinggi dari knalpot racing adalah sebesar 2.83 %vol pada putaran 3000 rpm.

Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil terbaik knalpot standart sebesar 9.46 hp pada putaran yang samayaitu 3500 rpm, akan tetapi hasil emisi gas buang yang dihasilkan terendah yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan knalpot racing adalah sebesar 0.05 %vol pada putaran 4000 rpm, Emisi gas buang CO2terendah yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan knalpot racing  adalah sebesar 2.83 %volpadaputaran 3000 rpm dan Emisi gas buang HC terendah yang dihasilkan oleh sepeda motor dengan knalpot racing adalah sebesar 118.33 ppm pada putaran 3750 rpm, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut, misalnya penelitian mengenai pengaruh knalpot terhadap konsumsi bahan bakar dengan ECU yang sesuai.

 

ABSTRACT

Walker, Henry. 2016. The Impacts of Racing-Designed Exhaust on Yamaha New Vixion Lightning’s Engine Power, and CO2, CO, HC Production. Sarjana’s thesis. Department of Machine Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. Mardji, M.Kes., (2) Drs. Ir Mustaman, M.Pd.

Keywords: racing-designed exhaust, energy, gas emission.

Knowledge and technology develop over time, becoming more advanced and modern throughout the process. Humans’ ever-growing expectation is one of the background of such development, which one of the evidences we can trace on developing automotive technology. We tend to seek flexibility and easiness in every aspect of life without adding too much cost in using them, for instance transportation. In modern transportation, we are faced to a new technology called FI of which aims is to reduce gas emission produced by motorized vehicles. This technology is based on Indonesia’s standard who attempts to implement Euro Standard 3 to motorbikes. FI is shortened from Fuel Injection. It is performed automatically and accurately to maintain vehicles’ fuel supply system so that the vehicles could supply fuel to its engine responsively and efficiently, which can impact to environmental-friendly exhaust system. Motorbikes’ manufacturers have done researches and made designs for their automatic motorbikes to be able perform maximally and efficiently. Unfortunately, there are a huge number of motorbikes whose original exhausts have been replaced with racing-designed exhausts. By applying this act, it is expected that the motorbikes can perform with bigger power. In regard to that background, the researcher aims to unravel impacts of using racing exhaust to Yamaha New Vixion Lightning. An instrument is installed at the motorbike’s exhaust pipe to adjust with the bike’s engine in order to produce maximum energy and minimum gas emission.

This research aims to: discover the impacts of racing-designed exhaust and variations of engine rotation on Yahama New Vixion Lightning’s engine power; discover the impacts of gas emission produced by the racing-designed exhaust pipe and variations of engine rotation on Yamaha New Vixion Lightning’s CO production; reveal the impacts of racing exhaust and variations of engine rotation on the motorbike’s CO2 production; and reveal the impacts of racing exhaust and variations of engine rotation on Yamaha New Vixion Lightning’s HC production.

Furthermore, this research adopts experimental method and One-way Anova analysis. Dynotest is applied to assess the engine power, while Gas Analyzer is selected to examine the produced gas emission. The test is done on RPM variations of 1750, 2000, 2250, 2500, 2750, 3000, 3250, 3500, 3750 and 4050. Various mass of loads and fifth gear are adopted to collect the data of engine power and produced gas emission. Three-staged test is applied to validate the received data.

In results, this research comes with a primary conclusion implying significant impacts of racing-designed exhaust on Yamaha New Vixion Lightning’s engine power and CO2, CO, HC production. The highest engine power produced by a standard exhaust system is 9.46 hp, which is still higher compared to the 8.54 hp engine power produced by a racing exhaust, both run on 3500 RPM. In addition, the highest amount of CO produced by the standard exhaust is 4.44%vol run on 4000 RPM, which is higher than 3.44%vol of CO produced by racing exhaust run on 1750 RPM. The highest amount of CO2 produced by the standard exhaust is 6.86%vol run on 4000 RPM; it is higher than the amount of CO2 produced by racing exhaust run on 3000 RPM which is 2.83%vol.

Based on the research’s findings, it is understood that there is significant impacts of racing exhaust on the studied variables. The highest quality of engine power is showed by standard exhaust with 9.46 hp run on 3500 RPM. However, the lowest amount of gas emission produced by racing exhaust is 0.05%vol on 4000 RPM; the lowest amount of CO2 produced by racing exhaust is 2.83%vol run on 3000 RPM; and the lowest amount of HC produced by racing exhaust is 118.33 ppm run on 3750 RPM. Therefore, it is suggested that further studies are conducted, for instance those focusing on impacts of particular exhaust on fuel consumption with appropriate amount of ECU.