SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN JOB SHEET DAN WORK SHEET MEMELIHARA ENGINE MANAGEMENT SYSTEM PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI SMK NEGERI 10 MALANG

Tosan Danumaya Molle

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Molle, Tosan Danu. 2016. Pengembangan Job Sheet dan Work Sheet Memelihara Engine Management System Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Mardji, M.Kes., (II) Drs. H. Agus Sholah, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, job sheet, work sheet, engine management system

Penggunaan media pembelajaran seperti job sheet dan work sheet pada era globalisasi informasi ini kurang banyak diminati karena pembelajaran di sekolah menengah kejuruan sudah banyak menggunakan media pembelajaran berbasis online. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pengembangan komponen job sheet dan work sheet meliputi: (1) tujuan umum pembelajaran, (2) Kejelasan isi/materi, (3) kejelasan instruksi umum, (4) kesesuaian perlengkapan alat dan bahan, (5) kesesuaian tindak pencegahan atau K3, (6) Ketepatan langkah-langkah kerja, (7) Kejelasan gambar kerja, termasuk tingkat kemenarikan gambar/ ilustrasi text (8) kesesuaian pertanyaan awal dan pertanyaan akhir, (9) ketepatan petunjuk, dan (10) kejelasan/ketepatan penggunaan bahasa.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji hipotesis (H0), yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan antara kualitas job sheet dan work sheet pra pengembangan dengan job sheet dan work sheet pasca pengembangan serta hipotesis kerja yang berbunyi job sheet dan work sheet pasca pengembangan lebih baik daripada job sheet dan work sheet pra pengembangan dan nilai siswa pasca pengembangan job sheet dan work sheet lebih baik daripada nilai siswa pra pengembangan job sheet dan work sheet.

Model penelitian pengembangan ini diadaptasi dan diadopsi dari model 5 langkah Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Kuesioner diisi oleh sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan formula Krejcie dan Morgan. Data yang diperoleh berupa data hasil penilaian siswa terhadap job sheet dan work sheet pra pengembangan, data hasil penilaian siswa terhadap job sheet dan work sheet pasca pengembangan, dan data hasil penilaian ahli sumber belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan yang signifikan antara nilai job sheet dan work sheet pra pengembangan (60.07) dengan nilai job sheet dan work sheet pasca pengembangan (86.25). Nilai t=-13.029 dengan taraf signifikansi .000. Dengan demikian H0 ditolak. Hal ini berarti pengembangan job sheet dan work sheet efektif.

Kedua, terbukti nilai rata-rata siswa kelompok pasca pengembangan job sheet dan work sheet (82.79) lebih baik daripada nilai rata-rata siswa kelompok pra pengembangan (63.93). Nilai t=-10.364 dengan signifikansi .000. Perbedaan rata-rata nilai siswa kelompok pra dan pasca pengembangan signifikan.