SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penggunaan ICT sebagai Media Pembelajaran Kelas X Standar Kompetensi Mengoperasikan dan Mengamati Mesin/Proses program Keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Singosari

Much Nur Khalim

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Khalim, Much. Nur. 2009. Analisis Penggunaan ICT sebagai Media Pembelajaran Kelas X Standar Kompetensi Mengoperasikan dan Mengamati Mesin/Proses Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sukarni, S.T., M.T., (2) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd.

Kata Kunci: ICT, media pembelajaran, mengoperasikan dan mengamati mesin/proses.

Proses pembelajaran adalah kegiatan dari proses belajar mengajar yang bertujuan merubah tingkah laku yang secara komprehensif, yang ditunjang dengan adanya media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat alat bantu untuk menyampaikan pesan belajar kepada siswa. Information and Communication Technology (ICT) dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan informasi atau bahan ajar. Penggunaan ICT untuk pembelajaran berlaku apabila ICT digunakan sebagai media untuk mengakses informasi dari internet. Interconnecting Network (Internet) merupakan sumber informasi untuk mencari dan menyebarkan segala ilmu pengetahuan keseluruhan penjuru dunia dengan mudah. Dengan demikian, segala informasi yang berkaitan dengan pembelajaran di internet itu dapat dijadikan sumber belajar dan sumber informasi. ICT berguna sebagai media penunjang dalam pembelajaran pada standar kompetensi mengoperasikan dan mengamati mesin/proses.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan ICT bagi guru sebagai media pembelajaran, (2) penggunaan ICT bagi siswa sebagai media pembelajaran, (3) faktor pendukung penggunaan ICT sebagai media pembelajaran, (4) faktor penghambat penggunaan ICT sebagai media pembelajaran, dan (5) bentuk solusi untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran.

Penelitian  ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 33 orang dan 7 orang guru program keahlian.

Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan ICT sebagai media pembelajan bagi guru dan siswa, sebagai alat mengakses informasi dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, (2) faktor pendukung penggunaan ICT sebagai media pembelajaran adalah sumber informasi dan sumber belajar bagi guru dan siswa, (3) faktor penghambat dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran adalah kurangnya waktu luang serta kurangnya fasilitas baik ruang maupun komputer, dan (4) bentuk solusi untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran adalah melibatkan berbagai pihak untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar sekolah melengkapi fasilitas-fasilitas ICT, memberikan jadwal tetap dalam penjagaan, penggunaan laboratorium setiap harinya, sehingga memberikan kesempatan kepada yang berkepentingan.


Teks Penuh: DOC PDF