SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Prestasi Belajar Prakerin (Praktik Kerja Industri) dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar.

Bayu Aprilianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Aprilianto, Bayu. 2015. Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Prestasi Belajar Prakerin (Praktik Kerja Industri) dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Purnomo, S.T., M.Pd.,(II) Drs. H. Sumarli, M.Pd.,M.T.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan, Prestasi Belajar Prakerin, Minat Berwirausaha

Pada saat sekarang banyaknya pengangguran yang menjadi suatu masalah tersendiri di Indonesia, terutama di Provinsi Jawa Timur ini juga terjadi banyak pengangguran yang berasal dari lulusan SMK. SMK yang menjadi lembaga pendidikan yang menyiapkan lulusannya sebagai tenaga kerja yang berkompeten melalui kegiatan belajar mengajar maupun praktik kerja. Lulusan SMK diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keahliannya masing-masing setelah dibekali dengan ilmu yang bermanfaat di bidang kewirausahaan dan di bidang keahlian produktif seperti Prakerin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan prestasi belajar prakerin dengan minat berwirausaha, (2) hubungan prestasi belajar kewirausahaandengan minat berwirausaha, (3) hubungan prestasi belajar prakerin dengan minat berwirausaha siswa  kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri Udanawu Blitar.

Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto, dan termasuk jenis penelitian deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Udanawu Blitar yang berjumlah 143 siswa, dengan jumlah sampel 50 siswa yang diambil dengan menggunakan metode Proposional Random Sampling. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan dokumentasi dan angket/kuisioner. Uji validasi angketmenggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabelitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan analisis korelasi parsial, yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji linearitas.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dan prestasi belejar prakerin dengan minat berwirausaha. (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan minat berwirausaha. (3) Ada hubungan positif dan signifikan prestasi belajar prakerin dengan minat berwirausaha.Saran kepada sekolah dan guru agar lebih menambah pengetahuan siswa tentang kewirausahaan dan juga menambah bekal prakerin yang lebih mendalam, kepada siswa untuk serius dalam belajar kewirausahaan dan pada saat melaksanakan prakerin, untuk peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini acuan untuk mengembangkan penelitian sejenis dengan melibatkan variabel lain yang mempengaruhi minat berwirausaha diluar penelitian ini.