SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisa Ketangguhan dan Perubahan Struktur Mikro Patahan Akibat Heat Treatment dan Variasi Sudut Impact pada Baja ST 60

Dimas Surya Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Widodo, Dimas Surya. 2014. Analisa Ketangguhan dan Perubahan Struktur Mikro Patahan Akibat Heat Treatment dan Variasi Sudut Impact pada Baja St 60. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Siswanto, M.A. (II) RR. Poppy Puspitasari, S.Pd., M.T., Ph.D.,

 

Kata Kunci : Ketangguhan, Struktur Mikro Patahan, Heat Treatment, Variasi sudut Impact, Baja St 60

Logam yang telah jadipun masih disebut logam setengah jadi, sehingga masih diperlukan pengerjaan-pengerjaan dengan mesin, untuk mendapatkan bentuk dan kualitas yang lebih baik. Selanjutnya diberi perlakuan panas seperti pengerasan, penempaan, yang bertujuan memperbaiki sifat-sifat logam tersebut. Pengujian impact merupakan suatu upaya untuk mensimulasikan kondisi operasi material yang sering ditemui dalam perlengkapan transportasi atau konstruksi dimana beban tidak selamanya terjadi secara perlahan-lahan melainkan dating secara tiba-tiba.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa : (1) Ketangguhan baja St 60 akibat heat treatment dengan suhu 600°C dan dengan variasisudut α = 90°dan α = 120°. (2) Ketangguhan baja St 60 akibatheat treatmentdengan suhu 900°C dan dengan variasisudut  α = 90°dan α = 120°. (3) bentuk patahanbaja St 60 setelah mengalami perlakuan panas dan uji ketangguhan dengan variasi sudut α = 90°dan α = 120°.

Metodedalampenelitianinimenggunakandeskriptif. Sedangkan desain penelitiannya adalah penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium. Teknikanalisis data menggunakananalisisdeskriptif, yaknimenjabarkanperbandinganspesimen yang diberiperlakuandengantanpaperlakuanmenggunakanbantuansofwaremicrosoft excel. Objek yang dipakaipadapenelitianiniadalahbaja St.60yang sudah dibentuk dipanaskanmenggunakanfurnacesampai suhu tempering 600℃ dan 900℃ kemudian diholding selama 30 menit.Kemudian didinginkan menggunakan media udara dan di uji impact dengan variasi sudut 90° dan 120°.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah dipanaskan ketangguhan baja akan meningkat. Serta pada struktur mikro patahan baja St 60 terjadi fenomena ductile to brittle transition, salah satu penyebab fenomena ini adalah laju regangan tinggi. awalnya merupakan materialulet tetapi mengalami patah getas. Transisinya juga bisa diamati dari permukaan patahan, akan tampak serabut-serabut pada patahan yang benar-benar bersifat ulet, dan tampak butiran-butiran kecil yang terlihat mengkilap pada patahan yang benar-benar bersifat getas.