SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Menggunakan Autoplay Media Studio 7.5 Pada Pokok Bahasan Karburator Di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi.

SYUKRON FAUZI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzi, Syukron. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Menggunakan Autoplay Media Studio 7.5 Pada Pokok Bahasan Karburator Di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Anny Martiningsih, M.Kes. (II) H. Drs. Sumarli, M.Pd. ,M.T.

 

Kata Kunci: Autoplay Media Studio7.5, media pembelajaran, Karburator.

 

Pendidikan merupakan usaha sadar dan disengaja untuk mengembangkan dan membina sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan pada semua jenjang pendidikan. Kemajuan teknologi pada dunia pendidikan dapat dilihat makin semaraknya sekolah maupun perguruan tinggi yang menggunakan system (E-learning) dalam proses pembelajarannya.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran autoplay media studio 7.5, menghasilkan buku manual sebagai buku panduan pengoperasian media pembelajaran autoplay media studio 7.5 dan mengetahui kelayakan pengembagan media autoplay media studio 7.5 pada pada pokok bahasan karburator di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi.

 Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan bersifat deskriptif dengan model ADDIE. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa angket/kuisioner yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, 3 siswa untuk uji kelayakan perorangan, 10 siswa untuk uji kelayakan kelompok kecil dan untuk uji lapangan berupa hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang di peroleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya.

Berdasarkan analisis data, diperoleh empat kesimpulan. Dari ahli media dan materi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid untuk di ujikan kepada siswa. Persentasi kevalidan mencapai 83% pada uji ahli media dan 91% pada uji ahli materi. tanggapan yang diberikan ahli media dan ahli materi pada instrumen angket kemudian ditindak lanjuti pada bagian revisi produk sebelum di uji kelayakannya kepada siswa di tahap uji perorangan.

Kedua,penilaian yang dilakukan oleh responden pada tahap uji perorangan memperoleh presentase kevalidan mencapai 95% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini valid untuk di uji kelayakannya pada tahap uji kelompok kecil. Saran dari responden pada instrumen penilaian juga di gunakan pengembang sebagai revisi media tahap kedua

Ketiga,penilaian yang dilakukan oleh responden pada tahap uji kelompok kecil memperoleh persentase kevalidan mencapai 87% disimpulkan bahwa media ini valid untuk di uji klayakan pada tahap uji kelompok kecil.

Keempat, penilaian dari hasil uji lapangan berupa nilai post tes rata- rata siswa 86,66 dan terdapat peningkatan sebesar 15,24 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media AutoPlay Media studio 7.5  berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Saran pemanfaatan produk jika pengguna mengalami kesulitan terkait kesulitan pengoperasian produk pengguna di sarankan mempelajari buku petunjuk yang sudah tersedia.

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Fauzi, Syukron. 2013. Development of  Multimedia based Instructional Media Using AutoPlay  Media Studio 7.5 On Carburetor in SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi. Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Dra. Anny Martiningsih, M.Kes, (II) H. Drs. Sumarli, M.Pd, M.T.

 

Keywords: Autoplay Media Studio7.5, instructional media, Carburetor.

 

Education is a conscious and deliberate effort to develop and nurture human resources through a variety of learning activities are held at all levels of education . Technological advances in the world of education can be seen increasingly lackluster schools and colleges that use the system (E-learning) in the learning process.

The aim of this development is to produce instructional media autoplay media studio 7.5 produces the manual as a guide book learning media operation autoplay media studio 7.5 and determine the feasibility of developing a media autoplay media studio 7.5 on the subject in SMK Muhammadiyah carburetor 6 Rogojampi.

This development is a descriptive method development ADDIE model. Data collection instruments used in the form of a questionnaire/ questionnaire distributed to media experts, expert material, 3 to test the feasibility of individual students, 10 students to test the feasibility of a small group and to field test a student's learning outcomes. Data obtained in the form of quantitative data obtained from the results of the scoring are then translated validity.

Based on data analysis, there are four conclusions. From media experts and material can be concluded that the instructional media in ujikan valid for students. Validity percentage reached 83% in the test media expert and 91% on test material experts. Responses given media expert and an expert on the matter questionnaire instrument then followed up on the revision of the product before its feasibility test to students in individual test phase.

Secondly, the assessment made ​​by the respondent in the test phase of the validity of individual gain percentage reaches 95% it can be concluded that it is valid to study media in feasibility trials in the test phase of a small group. Suggestions from respondents on assessment instruments are also used as the developer revised second phase media

Third, the assessment conducted by the respondent at the stage of obtaining a small group of test validity percentage reaches 87% concluded that the media is valid for feasibility tested on a small group of test phase.

Fourth, the assessment of the results of a field test of the value of post- test average of 86.66 students and there is an increase of 15.24 so it can be concluded that the media AutoPlay Media Studio 7.5 effect in improving student learning outcomes.

Suggested use of the product if the user is having trouble related difficulties in the operation of the product user study suggest that manual already available.