SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kecakapan Teknikal Memperbaiki Sistem Pengapian Pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK ”Nasional” Malang.

Kasihadi Susanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanto, Kasihadi. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kecakapan Teknikal Memperbaiki Sistem Pengapian Pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK ”Nasional” Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Waras Kamdi, M.Pd dan (II) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kecakapan Teknikal, Kompetensi Memperbaiki Sistem Pengapian

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI TO Program Keahlian Teknik Otomotif  SMK Nasional Malang  tanggal 7 Januari 2011 sampai 14 Januari 2011, diketahui bahwa sebagian besar sistem pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Metode pembelajaran konvensional adalah metode pembelajaran yang diterapkan secara regular dalam pembelajaran sehari-hari. Pembelajaran yang diterapkan secara regular diartikan sebagai pembelajaran yang dimulai dengan ceramah, dilanjutkan dengan penjelasan materi pelajaran, Tanya jawab, latihan soal, pemberian tugas, dan diakhiri dengan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang pada setiap memasuki materi baru. Ciri utama pembelajaran konvensional adalah penggunaan  metode ceramah yang berlebihan dalam penyajian materi pelajaran dan pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut berdampak pada unjuk kerja khususnya pada ranah kecakapan teknikal siswa siswa yang masih rendah, yaitu rata-rata skor tes 69,85 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 73,53%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kolaboratif dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kecakapan teknikal memper-baiki sistem pengapian siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Nasional Malang melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksana-kan pada tanggal 7 Mei 2011 sampai tanggal 21 Mei 2011. Data penelitian kecakapan teknikal siswa berupa nilai yang diperoleh melalui hasil tes unjuk kerja setiap akhir siklus.

Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas sebesar 69,85 dan ketuntasan klasikal 73,53% sebelum siklus I meningkat menjadi 73,40 dan ketuntasan klasikal 85,29% setelah siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,30 dan ketuntasan klasikal 100% setelah siklus II.

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Susanto, Kasihadi. 2011. The application of project based learning method to enhance technical skill in improving ignition system in automotive engineering program at ‘Nasional’ Vocational High School Malang (SMK ‘Nasional’). Thesis, Mechanical engineering program of engineering faculty of Malang State University. Advisors: (1) Dr. Waras Kamdi, M.Pd and (2) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd

 

Key words: Project based learning, technical skill, competency in improving ignition system

 

Based on the observation on students of SMK ‘Nasional’ Malang majoring on automotive engineering program grade 2 that was carried out from January 7 to January 14, 2011. It is know that conventional method has so far been used regulary where, in this case, regular learning is defined as a series of steps supposed to start with lecturing, giving explanation, questioning and answering, doing exercises, giving assignments and end with giving evaluation. These activities are repetitively done every time new material are discussed. The main characteristic of conventional learning is teacher centered and showing excessive usage of lecture method when presenting materials. This influences on the teachers’ performance, particularly on the domain of students’ technical skill which is categorized low, namely, the mean test score of which is 69,85 and on the score of the classical learning score sufficiency which is only 73,53%. To solve this problem, a diferent learning method enabling to enhance the students’ technical skills is badly needed. Therefore in this research, collaborative learning using project based learning method applied.

This research aims at enhancing students’ technical skills in improving ignition system through the application of project based learning method. It is a qualitative research whose design is classroom research (PTK) which has definitely two cycles. Data collection was carried out from may 7 up to May 21, 2011. The research data are in the form of the students’ score on technical skills which were obtained through students’ performance test taken in the end of every single cycle.

The research result show that the application of project based learning method is able to enhance students’ technical skill in improving students’ end goal of learning from classical mean score of 69,85 and classical sufficiency of 73,53% before the application of project based learning method was applied to 73,40 and 85,29% in cycle I. it even enhances the score to 78,30 and 100% respectively in cycle II.