SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat produktif teknik kendaraan ringan (TKR) di SMK Negeri 6 Malang

krisnanda adidestuwinata

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Tuwinata, Krisnanda Adides. 2012. Persepsi Siswa tentang Kreativitas Guru dalam Menggunakan Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Produktif Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sutijono, M.M, (II) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T.

Kata Kunci: Kreativitas Guru, Sumber Belajar, Hasil Belajar, Diklat Produktif

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui proses pendidikan. Pendidikan di Indonesia kini lebih ditekankan pada aspek skill dengan output personal yang siap kerja. Hal ini terbukti dengan misi yang diusung oleh pemerintah yaitu akan terus mengembangkan pendidikan kejuruan atau lebih dikenal dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah menumbuhkan kreativitas guru. Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar sangat besar pengaruh-nya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan pendidikan dikatakan tercapai apabila hasil belajar siswa mengalami perkembangan dan peningkatan. Agar mutu pendi-dikan yang dikembangkan tetap baik, maka perlu diadakan dan diciptakan suatu sumber belajar yang dapat membantu dan mendorong hasil belajar siswa. Mengingat mata diklat produktif merupakan kelompok mata diklat yang berfungsi membekali peserta didik agar memiliki kompetensi kerja sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) maka sangat perlu dan penting dikuasai oleh siswa.

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan analisis deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebanyak 165 siswa, dan jumlah sampel sebanyak 83 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kreativitas guru dalam meng-gunakan sumber belajar, dengan sub variabel sebagai berikut: 1) pemanfaatan sumber belajar; 2) penyampaian sumber belajar; 3) penguasaan sumber belajar; 4) evaluasi sumber belajar, sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata diklat Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dengan teknik analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian dari analisis deskriptif persentase untuk kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar sebesar 77,11% dalam kriteria kreatif, dengan rincian sub variabel untuk pemanfaatan sumber belajar sebesar 49,40% dalam kriteria kreatif, penyampaian sumber belajar sebesar 49,40% dalam kriteria kreatif, penguasaan sumber belajar sebesar 68,68% dalam kriteria kreatif, dan evaluasi sumber belajar sebesar 61,45% dalam kriteria kreatif. Analisis deskriptif persentase untuk hasil belajar mata diklat produktif sebesar 56,63% dalam kriteria baik.

Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh Fhitung = 5,815 dan Ftabel = 3,96. Karena nilai Fhitung > Ftabel, maka nilai Fhitung yang diperoleh tersebut berpengaruh, sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar mata diklat produktif Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMKN 6 Malang. Besarnya pengaruh antara kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar terhadap hasil belajar mata diklat produktif sebesar 0,067 (6,7%).

Dari data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa guru Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) mempunyai kemampuan dalam menggunakan sumber belajar pada proses pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan prasarana sumber belajar mata diklat PDTM, bagi guru hendaknya lebih kreatif menciptakan metode/cara baru dalam pembelajaran dan menggunakan berbagai macam sumber belajar mata diklat PDTM, bagi siswa hendaknya menyadari pentingnya sumber belajar pada pembelajaran PDTM bagi dirinya, dan bagi peneliti berikutnya agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi agar diperoleh hasil yang lebih optimal.