SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

persepsi penguasaan soft skill mahasiswa jurusan pendidikan teknik otomotif sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri ditempat praktik industri

Ardi Septianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Septianto, Ardi. 2011. ” Persepsi Penguasaan  Soft Skill Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Sesuai Dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Industri di Tempat Praktik Industri” Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin  Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd.(2) Drs.H. Yoto, M.Pd., M.M.

 

Kata kunci : Persepsi, Penguasaan Soft Skill, Dunia Usaha/Industri.

 

Soft skill merupakan sebuah terminologi sosial berupa kemampuan di luar kemampuan teknis dan akademis dari seseorang yang bersifat atau bersumber pada kecerdasan emosional dan atau kecerdasan spiritual dalam mengelola diri sendiri dan berhubungan dengan orang lain yang dapat dilihat antara lain dalam bentuk sikap kesopanan, kedisiplinan, keteguhan hati, kemampuan bekerja sama, kemampuan memimpin, dan kemampuan berorganisasi. Soft skill disini mempunyai peran yang penting dalam menunjang kegiatan mahasiswa pada saat melaksanakan kegiatan praktik industri. Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi juga piawai dalam aspek soft skill. Dunia pendidikan juga mengungkapkan bahwa kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill), tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain Sehingga penguasaan soft skill merupakan hal yang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan manusia dalam hidup.

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui kualifikasi variabel intrapersonal skill sesuai dengan kebutuhan DU/DI, (2) Mengetahui kualifikasi variabel interpersonal skill sesuai dengan kebutuhan DU/DI, (3) Mendeskripsikan persepsi mahasiswa mengenai penguasaan soft skill mahasiswa sesuai dengan kebutuhan DU/DI. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dimana subyek penelitiannya adalah mahasiswa PTO angkatan 2007/2008 sebanyak 55 mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bersifat kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa PTO angkatan 2007/2008 yang sudah melaksanakan kegiatan Praktik Industri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan (1), Persepsi penguasaan soft skill mahasiswa pada variabel intrapersonal skill terbukti baik mendapatkan persentase sebesar 61,8% atau sebanyak 34 orang responden, sementara atribut yang menonjol adalah kreatif, bersemangat, dan mandiri. (2) Variabel interpersonal skill memperoleh persentase sebesar 69,1% atau sebanyak 38 orang responden memiliki kualifikasi interpersonal skill yang baik, sedang atribut interpersonal skill yang menonjol adalah komitmen, motifasi, kerja sama. (3), Persepsi penguasaan soft skill mahasiswa baik pula, dengan persentase sebesar 67,3%. Sehingga alangkah lebih baiknya jika mahasiswa sudah dibekali dengan soft skill terlebih dahulu agar mahasiswa tersebut lebih siap jika masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.