SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Proses Pembuatan Roda Gigi Payung Untuk Standar Kompetensi Memfrais Kompleks Jurusan Teknik Mesin Produksi Di SMK Negeri 3 Boyolangu.

Afifudin Ghozali

Abstrak


ABSTRAK

 

Ghozali, Afifudin. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Proses Pembuatan Roda  Gigi  Payung  Untuk  Standar  Kompetensi  Memfrais  Kompleks Jurusan  Teknik  Mesin  Produksi  Di  SMK  Negeri  3  Boyolangu.  Skripsi. Jurusan  Teknik  Mesin,  Fakultas  Teknik,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd, (II) Drs. H. Abdul Qolik, M.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, roda gigi payung

 

Dalam suatu proses pembelajaran, ada dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar  dan media  pembelajaran. Masih minimya media  pembelajaran yang  digunakan  oleh  guru  dalam  menyampaikan  pelajaran  masih  menulis  di papan tulis dan ada sebagian menggunakan presentasi power point dengan cara ini peserta  didik  masih  kesulitan  memahami  materi  yang  diajarkan  oleh  guru.

Disamping  itu  untuk  prakteknya  menggunakan  sistem  kelompok  artinya  dalam membuat  satu  benda  kerja  dikerjakan  beberapa  siswa,  perlu  diupayakan  suatu pendekatan  yang  dapat  digunakan  untuk  membuat  proses  pembelajaran  lebih aktif.  Salah  satu  caranya  yaitu  pemakaian  media  pembelajaran  yang  tepat sehingga dapat membangkitkan  keinginan dan minat  yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan dalam kegiatan belajar.

Tujuan  dari  penelitian  dan  pengembangan  ini  adalah  (1) Menghasilkan produk    multimedia  sebagai  sarana  pendukung  proses  pembelajaran  standart kompetensi memfrais  kompleks  pada materi  pembuatan  roda  gigi  payung untuk siswa  kelas XII  teknik  pemesinan SMKN  3 Boyolangu,  (2) Mengetahui  tingkat kelayakan multimedia interaktif roda gigi payung.

Model  penelitian  dan  pengembangan  yang  digunakan  dalam  media  ini adalah  adopsi  dari model  pengembangan Borg  and Gall  yang  terdiri  dari  enam tahapan  yaitu:  (1)  pengukuran  kebutuhan,  (2)  perencanaan,  (3)  pengembangan produk  awal,  (4)  validasi,  (5)  uji  coba  dan  (6)  produk  media  pembelajaran.

Instrumen  pengumpul  data  yang  digunakan  dalam  pengembangan  ini  berupa angket  kuisioner  yang  disebarkan  kepada  ahli  media,  ahli  materi,  uji  coba perseorangan dengan 2 orang siswa dan uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa.

Hasil produk media yang dikembangkan berbentuk software CD  interaktif pada materi proses pembuatan roda gigi payung. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif  yang  diperoleh  dari  hasil  penskoran  yang  kemudian  diterjemahkan kevalidanya, hasil validasi kelayakan media pembelajaran  ini menunjukkan hasil yang  valid dengan  skor  sebagai berikut:  validasi  ahli media 95,8%, validasi  ahli materi 84,3%, uji coba perorangan 85%, dan uji coba kelompok kecil 90,3%.