SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Adopsi Kompetensi Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) Di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang Untuk Meningkatkan Kompetensi Praktikum Las Di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

Choirul Anwar

Abstrak


ABSTRAK

 

Anwar, Choirul. 2012. Adopsi Kompetensi Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang untuk Meningkatkan Kompetensi Praktikum Las di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suwarno, M.Pd. (II) Drs. H. Abdul Qolik, M.M., M.Pd.

 

Kata kunci: kompetensi pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding), Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang

 

Penelitian ini meneliti tentang adopsi kompetensi pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) yang dipergunakan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Adopsi adalah pengambilan kompetensi pengelasan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) yang dipakai di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang untuk digunakan di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Kompetensi pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) di Jurusan Teknik Mesin sudah bagus akan tetapi masih perlu adanya perbaikan dan peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengadopsi kompetensi pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) beserta strategi dan metode pelatihan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan : observasi, wawancara, dokumentasi, dan praktikum. Data dianalisa dengan metode Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria yaitu, a) derajat kepercayaan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber, b) keteralihan, c) kebergantungan, d) kepastian.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) kompetensi pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPTPK) Singosari Malang sudah berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang terdiri dari tiga ranah yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, 2) strategi dan metode pelatihannya adalah belajar secara mandiri dengan pemberian teori di awal pertemuan dan selanjutnya praktik secara mandiri dengan arahan dari instruktur, 3) tidak semua kompetensi hasil penelitian diaplikasikan pada praktikum pengelasan lanjut.

Disarankan agar Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang memperbaiki dan meningkatkan kompetensi pegelasan GTAW  (Gas Tungsten Arc Welding) dalam praktikum pengelasan lanjut.