SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Transmisi Otomatis Berbasis Facebook untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Isa Muhammad Said

Abstrak


ABSTRAK

 

Said, Isa Muhammad. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Transmisi Otomatis Berbasis Facebook untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Syarif Suhartadi, Dr., M.Pd., Syamsul Hadi, Dr., M.Pd., M.Ed.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Facebook, Transmisi Otomatis

 

Media atau medium merupakan sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu berlangsungnya proses belajar mengajar. Tidak sedikit dari praktisi pendidikan baik guru maupun dosen menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk mendampingi proses kegiatan belajar mengajar.

Media pembelajaran terdiri dari beragam bentuk dan fungsi yang berbeda, bisa berupa modul atau file-file berbentuk multimedia. Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media berupa teks, grafik, suara, gambar gerak serta file berupa video.

Facebook merupakan situs jejaring sosial yang cukup populer di dunia, facebook menyediakan ruang lingkup untuk berkomunikasi dan berbagi seperti berbagi content berupa file-file berbentuk multimedia. Tidak sedikit para pelajar yang memiliki akun facebook. 

Transmisi Otomatis merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif  Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan jumlah SKS 2 SKS dan jam studi 2 jam dengan 1 jam studi 60 menit. Tujuan dari pembelajaran mata kuliah Transmisi Otomatis ialah agar mahasiswa jurusan teknik mesin khususnya program studi pendidikan teknik otomotif dapat mengetahui nama-nama komponen, fungsi dan cara kerja serta dapat menganalisa kerja mekanik, elektronik dan hidrolik, mampu melakukan overhaul, pemeriksaan dimensi komponen serta penyetelan pada saat uji jalan dan uji kemampuan.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap beberapa mahasiswa yang pernah mengikuti mata kuliah Transmisi Otomatis di Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif didapat kesimpulan dari beberapa pendapat yang diungkapkan secara langsung, bahwa mahasiswa merasa kesulitan mengejar dan memahami materi perkuliahan dengan jumlah jam studi dua jam perkuliahan dengan materi perkuliahan yang cukup kompleks.

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran mata kuliah Transmisi Otomatis bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Metode penelitian dan pengembangan ini memuat tiga komponen utama, diantaranya ialah model pengembangan, prosedur pengembangan dan uji coba produk. Pengembangan media pembelajaran transmisi otomatis menggunakan model pembelajaran prosedural yang merupakan model pengembangan yang bersifat deskriptif.

Prosedur penelitian dan pengembangan memaparkan prosedur yang ditempuh oleh peneliti, terdiri atas 1) Analisis Tujuan dan Karakteristik Mata Kuliah Transmisi Otomatis; 2) Analisis Sumber Belajar untuk Mata Kuliah Transmisi Otomatis; 3) Analisis Karakteristik Peserta Didik Untuk Mata Kuliah Transmisi Otomatis; 4) Indikator Pembelajaran Mata Kuliah Transmisi Otomatis; 5) Strategi Pengorganisasian Isi Mata Kuliah Transmisi Otomatis; 6) Menetapkan Strategi Penyampaian Isi Pembelajaran Transmisi Otomatis; 7) Menetapkan Strategi Pengolahan Isi Pembelajaran Transmisi Otomatis; 8) Pembuatan Produk

Berdasarkan beberapa pendapat ahli media, secara prosedural melalui referensi teori, bimbingan dosen serta masukan ahli isi materi, ahli media dan uji coba user kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah: 1). Menghasilkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mahasiswa pendidikan teknik otomotif, 2). Memberikan alternatif media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik peserta didik terhadap materi yang disajikan melalui penggunaan media pembelajaran sebagai media belajar, 3). Menghasilkan media pembelajaran yang memiliki daya tarik mahasiswa terhadap informasi yang diberikan pendidik sehingga peserta didik termotivasi untuk menguasai materi yang disajikan.

Media pembelajaran berbasis facebook ini dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media serta uji coba kelompok kecil sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang.