SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Software Macromedia Flash Professional 8 Pada Mata Pelajaran Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut Kelas XI TPm Jurusan Mesin Perkakas SMK Ahmad Yani Probolinggo.

Ahmad Fauzi

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzi, Ahmad. 2011. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Software Macromedia Flash Professional 8 Pada Mata Pelajaran Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut Kelas XI TPm Jurusan Mesin Perkakas SMK Ahmad Yani Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd (II) Drs. H. Sunomo, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan multimedia pembelajaran, melakukan pekerjaan mesin bubut.

 

Berdasarkan observasi penulis di SMK Ahmad Yani Probolinggo tentang penerapan metode pembelajaran pada Mata Pelajaran Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut, peneliti menjumapai dalam penerapan metodenya masih bersifat teoritis, verbalis dengan menggunakan media papan tulis, slide power point dan terpusat pada guru, itu dikarenakan kurangnya pemahaman guru terkait pengembangan media pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik, efektif dan efisien. Salah satu yang berkembang saat ini adalah multimedia. Multimedia yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu  teks, gambar, suara, vidio dan musik, dengan muatan materi menjelaskan teknik pengoprasian mesin bubut, mengoprasikan mesin bubut, memproses bentuk pendakian. Program multimedia pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan program software macromedia flash professional 8 dan dikemas dalam CD.

Metode pengembangan dalam penelitian ini memodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall, diantaranya, analisis kebutuhan, pengembangan draf awal, validasi ahli, revisi I produk, uji coba lapangan terbatas, revisi II produk dan produk akhir.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yaitu berupa saran, kritik dan pendapat secara umum terhadap multimedia. Data Kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Memperoleh skor persentase 83,19 % dari validasi ahli materi, 97,50 % dari ahli media, dan 89,44 % dari uji coba lapangan terbatas (pengguna) sehingga secara keseluruhan di dapatkan skor persentase sebesar 90,04% dan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dengan software macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut Kelas XI TPm Jurusan Mesin Perkakas SMK Ahmad Yani Probolinggo valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.