SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Prestasi Belajar Mata Diklat Adaptif Dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Kediri.

Fendik Dwi Agus Taman

Abstrak


ABSTRAK

 

Taman, Fendik Dwi Agus. Hubungan Prestasi Belajar Mata Diklat Adaptif Dengan Prestasi Belajar Mata Diklat Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Kediri. Pembimbing: (1) Dr. H. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., (II) Drs. Eddy Rudiyanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: prestasi belajar, mata diklat adaptif, dan kelistrikan otomotif

 

Secara keseluruhan siswa di SMKN 1 Kediri masih mempunyai cara pandang lama bahwa bersekolah di sekolah kejuruan itu yang diperlukan atau dipelajari hanyalah mata pelajaran keterampilan saja yaitu mata diklat produktif. Akibatnya pemahaman siswa terhadap mata diklat adaptif menjadi kurang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan prestasi belajar matematika dengan mata diklat kelistrikan otomotif, (2) hubungan prestasi belajar fisika dengan mata diklat kelistrikan otomotif, (3) hubungan prestasi belajar kimia dengan mata diklat kelistrikan otomotif, (4) hubungan antara prestasi belajar program adaptif (matematika, fisika, dan kimia) dengan prestasi belajar mata diklat kelistrikan otomotif.

Rancangan Penelitian yang digunakan adalah expos facto. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Kediri. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara population sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 17.

Hasil Penelitian ini adalah (1) Prestasi belajar matematika dalam kategori penguasaan cukup, (2) Prestasi belajar fisika dalam kategori penguasaan cukup, (3) Prestasi belajar kimia dalam kategori penguasaan cukup, (4) Prestasi belajar kelistrikan otomotif dalam kategori penguasaan cukup, (5) Tidak ada hubungan yang signifikan antara matematika dengan kelistrikan otomotif dengan nilai signifikansi 0,090 dan sumbangan efektif 2,29%, (6) Ada hubungan yang signifikan antara fisika dengan kelistrikan otomotif dengan nilai signifikansi 0,006 dan sumbangan efektif 7,46%, (7) Ada hubungan yang signifikan antara kimia dengan kelistrikan otomotif dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif 12,01%, (8) Ada hubungan yang signifikan antara program adaptif dengan kelistrikan otomotif dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif 21,8%.

Kesimpulan penelitian ini bahwa mata diklat adaptif (matematika, fisika, dan kimia) merupakan dasar pengetahuan yang digunakan untuk mendukung materi pada program produktif khususnya mata diklat kelistrikan otomotif dalam pencapaian prestasi belajar yang maksimal.