SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN KELENGKAPAN ALAT GAMBAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR TEKNIK DI SMK PEKERJAAN UMUM MALANG

Muhammad Hudan Rahmat

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmat, Muhammad Hudan. 2011. Hubungan Emotional Quotient (EQ) dan Kelengkapan Alat Gambar dengan Motivasi Belajar pada Mata Diklat Membaca Gambar Teknik di SMK Pekerjaan Umum Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, ST., M.Pd, Pembimbing II: Drs. Basuki, M.Pd.

 

Kata Kunci: emotional, alat gambar, motivasi, SMK

 

Proses belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Dalam proses belajar diperlukan adanya motivasi belajar, karena motivasi adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam individu peserta didik. Terdapat beberapa faktor yang ikut menyumbang dalam peningkatan motivasi belajar. EQ merupakan salah satu contoh faktor internal yang mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan alat gambar yang dimiliki siswa merupakan sebagian kecil dari fasilitas belajar yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata diklat membaca gambar teknik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan emotional quotient dengan motivasi belajar, untuk mengetahui hubungan kelengkapan alat gambar yang dimiliki siswa dengan motivasi belajar, dan untuk mengetahui hubungan emotional quotient dan kelengkapan alat gambar dengan motivasi belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dimana gambaran tentang sekelompok variabel bebas yang dikorelasikan secara sendiri-sendiri (parsial)  maupun secara bersama-sama (simultan) dengan satu variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar yaitu digunakan self inventory EQ dan self inventory motivasi, sedangkan kelengkapan alat gambar digunakan lembar ceklist yang berisi daftar nama alat gambar yang harus dimiliki siswa SMK Pekerjaan Umum Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan dan kompetensi keahlian Teknik Otomotif di SMK Pekerjaan Umum Malang yang terdiri dari siswa kelas X Tpm, X SPD, X MO1 dan X MO2. Dalam penelitian ini yang dijadikan responden penelitian adalah seluruh siswa pada populasi, yakni sebanyak 78 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas X di SMK Pekerjaan Umum Malang tahun ajaran 2011/2012 diketahui bahwa mayoritas siswa (88%) mempunyai nilai EQ yang cukup tinggi, mayoritas siswa (63%) memiliki kelengkapan alat gambar yang cukup lengkap dan mayoritas siswa (54%) mempunyai motivasi belajar yang tinggi.

Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi linier. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial EQ  mempunyai hubungan yang positif dengan motivasi belajar, (2) secara parsial kelengkapan alat gambar tidak mempunyai hubungan yang positif dengan motivasi belajar, dan (3) EQ dan kelengkapan alat gambar secara simultan mempunyai hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa pada mata diklat membaca gambar teknik di SMK Pekerjaan Umum Malang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat EQ dan kelengkapan alat gambar yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.man mengajar dengan kompetensi guru yaitu variabel pengalaman pelatihan dengan kompetensi guru nilai korelasi sebesar 0,592 nilai signifikasi 0,000 < 0,05, artinya variabel pengalaman pelatihan (X2) mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel kompetensi guru (Y)