SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Matakuliah CAD Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Dwi Putra Nuari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuari, Dwi Putra. 2011. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Matakuliah CAD Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. M. Alfian Mizar, M.P. (II) Suprayitno, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Matakuliah CAD,

 

CAD (Computer Aided Design) merupakan salah satu matakuliah inti yang ada pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan kode matakuliah PTM 427, memiliki bobot 2 sks 4 js. Matakuliah ini merupakan salah satu matakuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, khususnya program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin (PTM). Matakuliah ini ditempuh di semester 4. Dimana matakuliah ini menjadi dasar untuk beberapa penerapan mata kuliah lainnya. Sehingga perlu adanya perhatian khusus pada matakuliah ini. Metode pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang saat ini, lebih banyak dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, dan praktikum. Metode ini cukup efektif, tetapi belum cukup apabila menginginkan pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk lebih aktif dan mandiri. Penggunaan media DVD pembelajaran interaktif sebagai salah satu solusi media pembelajaran yang sangat tepat. Dalam metode ini media pembelajaran yang digunakan pembelajaran yang berbasis teknologi multimedia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan; (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang telah dikembangkan dan diujicobakan kelayakan pada mata kuliah CAD pada jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UM. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada matakuliah CAD Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UM.

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman, dkk. perancangan media pembelajaran melalui 10 tahap kegiatan, yaitu: (1) menganalisis kebutuhan; (2) merumuskan tujuan pembelajaran; (3) merumuskan butir-butir materi; (4) menyusun instrumen evaluasi; (5) menulis naskah media; (6) produksi produk media pembelajaran; (7) validasi ahli; (8) uji coba produk; (9) revisi; 10) hasil produk.

Berdasarkan hasil validasi materi, diperoleh persentase 100%, dan dari validasi media diperoleh persentase 91,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan masuk pada kriteria sangat menarik/sangat baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, terdapat hasil uji coba lapangan, diperoleh persentase 86,625%, kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini sangat menarik dan mudah digunakan baik dari segi materi ataupun pengoperasian program.

Media yang telah divalidasi dan direvisi, selanjutnya disimpan dalam bentuk DVD dikemas dalam box DVD beserta sampul identitas. Di dalam aplikasi software ini berisi materi pembelajaran CAD, dan dilengkapi dengan video pengenalan CAD, proses pembuatan bentuk 2D Sketch, 3D Model, Assembly, dan 2D Drawing, yang dibuat menggunakan software Adobe Flash dan untuk pendukung materi menggunakan software Autodesk® Inventor® Professional 2011.