SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Las Dasar Teknik Pemesinan Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen

budi riyadi

Abstrak


ABSTRAK

Riyadi, Budi. 2011 Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual dalam  Mata Pelajaran Pekerjaan Las Dasar Teknik Pemesinan Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Waras, M.Pd., Pembimbing (II) Drs. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M.


Kata Kunci: Pengembangan Audio visual, Pengelasan Las Listrik,


Pembelajaran pengelasan listrik, selama ini berlangsung dengan menggunakan buku manual dan media yang sederhana. Berdasarkan observasi selama praktik pengalaman lapangan mendapati kekurangan yang terdapat pada pembelajaran prosedur pengelasan dengan las listrik di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen adalah: (1) Belum ada pengayaan presentasi pengajaran dengan audio video; (2) Belum ada fasilitas multimedia untuk membantu pemahaman siswa secara lebih jelas dan nyata; (3) Memerlukan banyak tambahan penjelasan sehingga waktu untuk proses belajar mengajar kurang efisien; (4) Sajian tampilan media alat yang sebenarnya kurang variatif, sehingga kurang memberi ketertarikan dan kurang memberi keaktifan pada siswa. Pemilihan media audio video sebagai produk teknologi media pengajaran parktek las listrik adalah karena realita bahwa kita berada dalam era teknologi informasi. Pengembangan yang dilaksanakan bertujuan menghasilkan produk media audio video untuk mendukung pembelajaran praktik las listrik pada posisi mengelas di bawah tangan, keefektifan media pembelajaran mengelas pada siswa yang menggunakan media audio video, pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.


Rancangan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan tahapan pengembangan melalui prosedur atau langkah yang dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu: (1) Identivikasi kebutuhan, (2) Perumusan tujuan (3) Pengembangan materi (4) Pengembangan alat evaluasi (5) Penyusunan naskah/story board (6) Produksi (7) Petunjuk pemanfaatan (8) Validasi (9) Uji coba lapangan, yang dimaksudkan untuk memperoleh media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


Dari hasil uji coba produk media kepada para ahli, guru dan siswa menunjukan bahwa produk media ini sudah cukup memadai, Mengenai kesesuaian media dalam pembelajaran terutama kompetensi mengelas sambungan (I) menggunakan las listrik dengan posisi pengelasan di bawah tangan, sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif  ketersediaan media pembalajaran selain buku teks.
Pengembangan ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, yang berjumlah 3 siswa untuk uji coba skala kecil/perseorangan dan 20 siswa untuk uji coba lapangan.


Kesimpulan yang dapat diperoleh dari pengembangan ini adalah pengembang berhasil membuat/mengembangkan media audio video (keping DVD) dalam pembelajaran praktik las listrik dengan posisi mengelas di bawah tangan dengan durasi 30 menit. Dari hasil uji coba produk media kepada para ahli, guru dan siswa menunjukan bahwa produk media ini sudah cukup memadai. Sehingga media ini dapat digunakan sebagai alternatif ketersediaan media pembalajaran selain buku teks.


Dengan menggunakan media dalam pembelajaran akan sangat membantu dan sangat besar keefektifannya dalam mengajar menggunakan media audio-video praktik las terhadap kompetensi mengelas pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai hasil uji coba produk yaitu uji coba  media dengan hasil 85%, uji coba materi dengan hasil 82,5%, uji coba sekala kecil dengan hasil 80,8% dan uji coba lapangan dengan hasil 85,2% berdasarkan nilai yang diperoleh dan berdasarkan kriteria kevalidan maka media pembelajaran yang dikembangkan layak/valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.