SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI RANAH AFEKTIF DALAM RPP SERTA PELAKSANAANNYA OLEH GURU OTOMOTIF SMK NEGERI SE-MALANG RAYA

Hamdani Krom

Abstrak


ABSTRAK

 

Krom, Hamdani. 2011. Impelememtasi Ranah Afektif dalam RPP Serta Pelaksanaannya Oleh Guru Otomotif SMK Negeri se-Malang Raya. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin FT  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.  Amat Nyoto, M.Pd., (II) Drs. H. Sutijono, M.M,

 

Kata kunci: Ranah Afektif, Implementasi,

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan rancangan penelitian menggunakan survey lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari, SMK Negeri 12 Malang, SMK Negeri 6 Malang, SMK Negeri 1 Kepanjen pada program keahlian Otomotif mata pelajaran produktif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, studi dokumentasi dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 29,09% guru yang mengumpulkan  RPP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 0% guru yang mencantumkan, tidak adanya guru yang mencantumkan ranah afektif  ini dikarenakan belum sepenuhnya guru mengetahui tentang  perananan ranah afektif dalam RPP, serta belum adanya pelatihan secara kusus mengenai pembuatan RPP. Hal ini juga dampak dari tidak adanya supervisi pendidikan secara baik yang dilaksanakan oleh sekolah, selama ini terbatas pada intruksional belum ada penanganan secara benar.

Padahal  tujuan dari implementasi ranah afektif dalam RPP serta pelaksanaannya ini adalah membentuk sikap siswa sesuai dengan bidang pekerjaannya dan karakter terhadap soft skill yang dimiliki melalui implementasi ranah afektif dalam RPP  serta pelaksanaannya yang disusun dan diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.Tanggapan guru terhadap implementasi ranah afektif pada proses pembelajaran dapat disimpulkan berdasarkan wawancara yang dilampirkan bahwa aspek afektif meliputi sportif, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan kejujuran merupakan hal penting dalam membentuk karakter siswa. Sedangkan dalam pelaksanaannya berupa pencantuman ranah afektif didalam RPP guru belum mencantumkan, hal ini dibuktikan dengan 0% guru yang mencantumkan ranah afektif berdasarkan KTSP.