SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI SISWA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN MATA DIKLAT PRODUKTIF PADA KELAS X DI SMK NEGERI WINONGAN PASURUAN

irchanuddin radinal Mochtar

Abstrak


ABSTRAK

Mochtar, Irchanuddin Radinal. 2011. Persepsi Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan mata diklat produktif pada kelas X di SMK Negeri Winongan Pasuruan. Skripsi, Prodi Pendididkan Teknik Mesin Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Darmadji Adi Suseno, M.Pd., (II) Drs. Partono, M.Pd..

 

Kata Kunci: kualitas Layanan Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kualitas layanan pendidikan yang meliputi (1) layanan kegiatan belajar mengajar, (2) layanan sarana dan prasarana, (3) layanan bimbingan konseling dan (4) lingkungan sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 99 siswa. Sampel yang diambil yaitu keseluruhan dari jumlah populasi, sehingga teknik pengambilan sampel juga menggunakan total sampling. Pengambilan data dilakukan di SMK Negeri Winongan. Instrumen yang digunakan untuk proses pengumpulan data adalah angket layanan kegiatan belajar mengajar, angket layanan sarana dan prasarana, angket layanan bimbingan konseling dan angket lingkungan sekolah.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mempersepsikan kualitas layanan kegiatan belajar mengajar kurang baik dengan persentase 40,4%, sebagian besar siswa mempersepsikan kualitas layanan sarana dan prasarana kurang baik dengan persentase 46,5%, sebagian besar siswa mempersepsikan kualitas layanan bimbingan konseling baik dengan persentase 59,6% dan sebagian besar siswa mempersepsikan lingkungan sekolah kurang baik dengan persentase 72,3%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua layanan dalam belajar mengajar dipersepsikan  kurang baik. Hal ini dikarenakan metode, media dan sumber belajar serta strategi yang digunakan oleh guru kurang mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan dan juga guru dalam memberikan penguatan perlu untuk meyakinkan siswa terhadap suatu teori dengan memberikan penghargaan secara lisan maupun tertulis. Fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki kurang lengkap dan tidak memadai serta pengelolaan yang kurang optimal. Layanan bimbingan konseling terhadap siswa yang berkualitas dapat memotivasi siswa dan siswa memiliki akhlak yang mulia terhadap masyarakat sekitar. Lingkungan yang kurang baik yang membuat siswa tidak nyaman dan aman dalam belajar serta tujuan yang telah direncanakan dapat jadi kendala oleh siswa.

Selanjutnya dapat disarankan bagi: 1) pihak sekolah untuk Untuk memadai, mempertahankan, menjaga, dan merawat sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar. 2) Guru dalam proses penelitian ini diketahui belum memenuhi dengan keinginan siswa, maka disarankan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang telah ada. 3) Lebih berani untuk mengeluarkan pendapat apabila kualitas layanan pendidikan di sekolah tidak sesuai dengan harapan/kebutuhan siswa dan ikut serta menjaga kualitas layanan di sekolah dengan sebaik-baiknya. 4) Bagi para peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian serupa, disarankan agar melibatkan variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini untuk lebih menyempurnakan temuan-temuan dalam penelitian ini. Selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan dengan memperluas populasi atau memperluas objek penelitiannya.

 

ABSTRACT

Mochtar, Irchanuddin Radinal. 2011. Student Perceptions Of Quality Education Services Training productive eye on the class X at state vocational high school of Winongan Pasuruan. Thesis, Mechanical Engineering Education of an Automotive department, Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisor: (I) Drs. H. Adi Darmadji Suseno, M.Pd., (II) Drs. Partono, M.Pd.

 

Keywords: quality of education services

This study aims to determine students' perceptions about the quality of education services which include (1) service learning activities, (2) service facilities and infrastructure, (3) counseling and guidance services (4) school environment. The sampling technique used was purposive random sampling with sample size of 99 students. Samples taken of the entirety of the population, so sampling techniques also use total sampling. Data is collected in state vocational high school of Winongan Pasuruan. The instrument used for data collection process is a service inquiry teaching and learning activities, facilities and infrastructure service questionnaire, questionnaire guidance counseling services and school environment questionnaire.

The results of data analysis showed that most students perceive service quality teaching and learning activities are less well with the percentage of 40.4%, most students perceive the quality of service facilities and infrastructure is less well with the percentage of 46.5%, most student perceive the quality of guidance counseling services either percentage of 59.6% and most students perceive the school environment is less well with the percentage of 72.3%.

The conclusion of this study were all in the service of teaching and learning is less well perceived. This is because the methods, media and learning resources and strategies used by teachers lacking facilitate students in understanding the material presented and also teachers in providing the reinforcement necessary to convince students to a theory by giving awards verbally or in writing. Facilities and infrastructure facilities owned by incomplete and inadequate and less than optimal management. Guidance counseling services to students who are qualified to motivate students and students have the noble spirit of the surrounding community. An unfavorable environment that makes students uncomfortable and safe in the study as well as the planned goals can be a constraint by the students.

Furthermore, it suggests that: 1) For the school to adequately maintain, maintaining, and caring for school facilities and infrastructure that already exists to support the smooth process of teaching and learning. 2) Teachers in the research process is known to have not fulfilled the wishes of students, it is advisable to develop the abilities and skills that already exist. 3) More dare to issue opinions when the quality of education services in schools are not up to the expectations / needs of students and participate in maintaining the quality of service with the best schools. 4) For the researchers next conducted a similar study, suggested that involving other variables not included in this study to further refine the findings in this study. Furthermore, this research can be developed by extending or expanding the population of research objects.