SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan soft skill melalui pembelajaran program produktif bidang keahlian teknik otomotif di smk negeri 1 singosari

novanda tri erdian

Abstrak


ABSTRAK

 

Erdian.Novanda,Tri.2011.Pengembangan Soft Skill Melalui Pembelajaran Program Produktif Bidang Keahlian Teknik Otomotif di SMKN 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Eddy Rudiyanto, M.pd. (II)  Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T.,M.pd.

 

Kata kunci: program produktif, soft skill , pengembangan 

Hasil survei yang dilakukan National Association of College and Employee (NACE) di Amerika pada tahun 2002 terhadap pendapat 457 pengusaha mengenai 20 kualitas yang dianggap penting dari seorang lulusan lembaga pendidikan menunjukkan pentingnya soft skill bagi calon tenaga kerja. Dari hasil survei tersebut ternyata kemampuan berkomunikasi, kejujuran (integritas), dan kemampuan bekerja sama yang merupakan contoh atribut soft skill menempati urutan teratas.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk pengembangan soft skill melalui pembelajaran program produktif bidang keahlian teknik Otomotf yang dilaksanakan di SMK 1 Singosari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dengan guru mata pembelajaran produktif  Dimensi soft skill yang dikembangkan olehi guru mata pembelajaran produktif adalah: (1) Kedisiplinan; (2) Kesopanan; (3) Prosedur pengetahuan alat; (4) Prosedur pengetahuan dan pemakaian buku manual;(5)Mengetahui dan memperhatikan K3; (6) Tanggung jawab.

Implementasi  pengembangan soft skill dalam mata pembelajaran produktif yang telah diterapkan yaitu menggunakan sistem SCL (Student Centered Learning). Ada pula yang menggunakan sistem Role Model dengan memberi nasehat dan tauladan dari guru untuk dicontoh. Kendala yang dihadapi oleh guru sangat bervariasi hal ini karena karakter siswa yang beragam dan keterbatasan sarana dan prasarana ketidak tahuan guru tentang apa itu soft skill juga kendala terutama dari guru yang bukan mengajar dari alat berat sehingga beberapa guru hanya mengetahui soft skill itu adalah kedisiplinan bukan pendidikan emosinal. Solusi yang telah ditempuh oleh guru adalah melakukan pemantauan setiap kekurangan dan kendala dalam pengembangan  soft skill kemudian beberapa  guru mempelajari apa itu soft skill terutama yang berhubungan dengan pembelajaran produktif.

 

ABSTRACT

 

Erdian.Novanda,Tri.2011.Soft Skill Development Programme for Productive Learning Through Expertise Automotive Engineering in SMK Negeri 1 Singosari. Script, Departement of Technical Automotive Education FT Malang State University. Supervisor: (I) Drs.Eddy Rudiyanto, M.pd. (II)  Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T.,M.pd.

 

 Key words: productively programs, soft skills, development

The audience of the National Association of College and Employee (NACE) in the United States in 2002 of 457 opinions of employers about the 20 qualities that are considered important from an educational institution graduates demonstrates the importance of soft skills for prospective employment. From the results of the survey was the ability to communicate, honesty (integrity), and the ability to work together which is an example of the attributes of soft skills top the list.

This study aimed to determine the form of soft skills development through productive learning program of mechanical engineering areas of expertise that were held in SMK 1 Singosari. The research method used was qualitative research by conducting interviews with teachers and productive learning eye observation. Dimensions olehi developed soft skills of teaching staff, productive learning are: (1) Discipline, (2) Modesty (3) The procedure of knowledge tools, (4) The procedure of knowledge and use of manuals, (5) Knowing and attention to K3, (6) responsibility.

Implementation of the development of soft skills in the eyes of productive learning that has been applied to the system using SCL (Student Centered Learning). There is also a system that uses Role Models to give advice and models of teachers to emulated. Constraints faced by teachers varies greatly because of this diverse character of students and limited facilities and infrastructure, teachers' ignorance about what soft skills are also constraints, especially from teachers who are not taught from the machine so that some teachers only know the soft skills that are not education discipline emotional. Solutions that have been taken by the teacher is monitoring any deficiencies and constraints in the development of soft skills and some teachers learn what it is soft skills particularly those related to productive learning.