SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG)Di Jurusan Tenik Masin Otomotif Pada SMK Negeri 6 Malang

musril hanafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan kejuruan merupakan sarana untuk mempersiapkan atau mengorientasikan calon tenaga kerja yang produktif serta memiliki keunikan dan justifikasi tersendiri, dalam pendidikan kejuruan lingkungan belajar dipilah menjadi dua jenis, yaitu lingkungan belajar disekolah dan lingkungan belajar di luar sekolah. Pendidikan sistem ganda (PSG) merupakan kegiatan pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk terjun langsung ke dunia kerja. Dalam palaksanakan evalusi Pendidikan sistem ganda (PSG) yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 6 Malang dilihat dari segi Contexs, Input, Prosses,Product. Penelitian ini adalah penelitian deskritif  kuantitatif yang instrumen pengumpulan datanya menggunakan teknik angket atau kuesioner. Langkah angket atau kuensioner ini digunakan untuk mengevaluasi Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Teknik Mesin Otomotif SMK Negeri 6 Malang, setelah melaksanakan PSG di Dunia Usaha/Industri.

Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Program Studi Mekanik Otomotif pada SMK Negeri 6 Malang dilihat dari segi Contexs, evaluasi contexs mencakup analisis masalah yang berkaitan dengan lingkungan program atau kondisi obyek yang akan dilaksanakan. Evaluasi Input meliputi personal yang berhubungan dengan bagaimana penggunaan sumber – sumber yang tesedia, alternatif – alternatif strategi yang harus dipertimbangkan untuk mencapai suatu program. Evaluasi Prosses merupakan evaluasi yang dirancang dan diaplikasikan dalam praktik implementasi kegiatan, termasuk mengidentifikasi permaslahan prosedur baik tatalaksana kejadian maupun aktivitas. Evaluasi Product adalah evaluasi mengukur keberhasilan pencapaian tujuan, evaluai ini merupakan catatan pencapaian hasil dan keputusan – keputusan untuk perbaikan dan aktualisasi.

Dari hasil penelitian Evaluasi Program PSG SMK Negeri 6 Malang dengan metode CIPP membawa hasil yang baik sehingga program PSG dapat terus dilaksanakan dan perlu dikembangkan untuk mencapai hasil yang maksimal perlu  adanya peningkatan kemampuan praktik dasar, penempatan pekerjaan yang sesuai kemampuan siswa, peningkatan aspek keselamatan kerja dalam proses PSG, dan memahami karakteristik orang yang berbeda berkaitan dengan pelayanan kepada pelanggan. Disarankan perlu adanya kerjasama antara dunia usaha/industri dengan pihak sekolah untuk dapat memberikan masukan dalam rangka mempersiapkan siswa untuk siap terjun ke dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya masing – masing, mengevaluasi pada proses pengetahuan dan ketrampilan siswa yang dilakukan oleh guru dan usaha yang dilakukan siswa untuk dapat meningkatkan ketrampilan dan pengatahuan mereka sebelum melaksanakan PSG.