SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Laboratorium/Bengkel Sepeda Motor di SMK Swasta Se Kabupaten Nganjuk

Agus Puspo Mahendro

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kelayakan sarana dan prasarana laboratorium/bengkel sepeda motor di SMK Swasta se kabupaten Nganjuk  berdasarkan standar yang dipersyaratkan oleh PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008 dan Instrumen Verifikasi dari BSNP No. 1316-P1-10/11 Tahun 2010/2011.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Survei Deskriptif dengan menggunakan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana di laboratorium/bengkel sepeda motor khususnya ditinjau dari luas ruang laboratorium/bangkel Sepeda motor, ketersediaan dan kondisi peralatan dan Bahan yang ada di ruang laboratorium/bengkel sepeda motor di SMK Swasta se kabupaten Nganjuk. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi yang digunakan pada saat observasi dengan skala penilaian model Rating Scale. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dan Instrumen Verifikasi dari BSNP No. 1316-P1-10/11 Tahun 2010/2011 Mengenai Instrumen verifikasi SMK/MAK Tentang Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari luas ruang laboratorium/bengkel sepeda motor di SMK Swasta se kabupaten Nganjuk sebagian besar tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008. Sedangkan untuk Ketersediaan Peralatan dan bahan  adalah : untuk SMK PGRI 1 Nganjuk layak (67,33%), pada SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk layak (62%), pada SMK Dr Suetomo Nganjuk sangat layak (88%), pada SMK Muhammadiyah 1 Kertosono sangat layak (82,67%).