SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Model Block Release Program Studi Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi.

Agus Fauzi

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzi, Agus. 2011. Implementasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Model Block  Release Program Studi Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif  FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T., (II) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T.

 

Kata kunci : implementasi, pendidikan system ganda, block release.

Pendidikan kejuruan merupakan sarana untuk mempersiapkan atau mengorientasikan calon tenaga kerja yang produktif serta memiliki keunikan dan justifikasi tersendiri, dalam pendidikan kejuruan lingkungan belajar dipilah menjadi dua jenis, yaitu lingkungan belajar disekolah dan lingkungan belajar di luar sekolah. Pendidikan sistem ganda (PSG) merupakan kegiatan pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk terjun langsung ke dunia kerja. Dalam pelaksanaan PSG Program Studi Mekanik Otomotif  SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi menggunakan model Block release.menelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) model Block release SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi.

Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi 1) penjajakan ke lokasi penelitian; 2) studi pendahuluan; dan 3) studi terfokus. Prosedur pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumen. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Perencanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) model Block release Program Studi Mekanik Otomotif  SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi meliputi persiapan administratif, persiapan teknis, persiapan mental-psikologis, dan persiapan materil. Pelaksanaan PSG diikuti oleh siswa kelas 2 dimana terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 152 siswa, rentang waktu yang digunakan selama 4 bulan, dimulai dari bulan Mei 2011 s/d  bulan Agustus 2011. Iklim belajar disesuaikan dengan kondisi dunia kerja dan penerapan pendidikan serta pelatihan di DU/DI dilakukan dengan cara bekerja pada lini produksi yang ada pada institusi pasangan SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, dengan tetap menerapkan prinsip belajar sambil bekerja (learning by doing). Evaluasi sepenuhnya diserahan ke pihak DU/DI yang bersangkutan dengan kriteria penilaian yang telah disepakati oleh pihak sekolah dan DU/DI ketuntasan minimal sebesar 70.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Pelaksanaan PSG SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi benar-benar menggunakan model block release selama 4 bulan pelaksanaan, dan sebelum terjun langsung ke industri siswa diberikan pembekalan selama 1 minggu, selama 4 bulan pelaksanaan PSG ini para peserta mendapat monitoring minimal 2 minggu sekali dan penilaian di DU/DI dilakukan sepenuhnya oleh DU/DI pada akhir siswa melaksanakan PSG di masing-masing institusi pasangan.

Disarankan perlu adanya perluasan kerja sama pelaksanaan Prakerin dengan istutusi pasangan di luar kota Banyuwangi sehingga wawasan dan keterampilan siswa dapat berkembang dan sejajar dengan daerah lain. Serta dalam proses perencanaan perlu adanya keterlibatan lebih DU/DI sehingga dalam pelaksanaan prakerin DU/DI telah siap dengan program yang telah direncanakan sekolah.