SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Sikap dan Pemahaman Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan Penerapannya Pada Praktik Kerja Las Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono

Khoirul Afif Briyan Yunito

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunito, Khoirul Afif Briyan. 2011. Hubungan Antara Sikap dan Pemahaman K3 dengan Penerapannya Pada Praktik Kerja Las Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed, (II) Drs. Solichin, S.T., M.Kes.

 

Kata kunci: sikap terhadap K3, pemahaman K3 pada kerja las, penerapan K3 pada praktik kerja las.

Praktik kerja las adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari siswa SMK Pemesinan. Pada praktik kerja las, siswa akan berhadapan dengan banyak bahaya yang bisa ditimbulkan dari proses pengelasan. Bahaya kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat pengelasan dapat dicegah dengan tindakan-tindakan yang tepat dan sesuai dengan kaidah-kaidah K3 pada kerja las. Ada banyak faktor yang mempengaruhi siswa menerapkan K3 pada kerja las, diantaranya yaitu sikap terhadap K3 dan pemahaman K3 pada kerja las. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara sikap terhadap K3 dengan penerapannya pada praktik kerja las sisiwa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono. (2) Hubungan antara pemahaman K3 dengan penerapannya pada praktik kerja las sisiwa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono. (3) Hubungan antara sikap dan pemahaman K3 dengan penerapannya pada praktik kerja las sisiwa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono.

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasional. Data yang dikumpulkan menggunakan tiga instrumen sesuai dengan jumlah variabel dalam penelitian, yaitu (1) Sikap terhadap K3 menggunakan angket. (2) Pemahaman K3 pada kerja las menggunakan tes. (3) Penerapan K3 pada praktik kerja las menggunakan dokumentasi. Data diperoleh dari 68 siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono tahun pelajaran 2010/2011. Data dianalisa menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Dari hasil analisis data pengujian hipotesis secara parsial hubungan antara sikap terhadap K3 dengan penerapannya pada praktik kerja las menunjukkan bahwa nilai sig (0,001) < α (0,05) dan thitung = 3,651 > ttabel = 1,9955. Hubungan  antara pemahaman K3 dengan penerapannya pada praktik kerja las menunjukkan bahwa nilai sig (0,000) < α (0,05) dan thitung = 8,267 > ttabel = 1,9955 sehingga H0 ditolak, artinya variable sikap terhadap K3 dan pemahaman K3 pada kerja las secara parsial memiliki hubungan signifikan dengan penerapannya pada praktik kerja las. Sedangkan pengujian hipotesis hubungan secara simultan menunjukkan bahwa nilai sig (0,000)< α (0,05) dan Fhitung=119,913 > Ftabel=3,14 sehingga H0 ditolak, artinya sikap dan pemahaman K3 secara bersama memiliki hubungan signifikan dengan penerapannya pada praktik kerja las.

Melalui temuan ini dapat diketahui bahwa ada hubungan antara sikap dan pemahaman K3 dengan penerapannya pada praktik kerja las siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kertosono. Dengan demikian pada pembelajaran praktik kerja las, selain pelajaran pengelasan perlu ditumbuhkan sikap setuju terhadap K3 dan pemahaman K3 pada kerja las.