SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PERAWATAN SEPEDA MOTOR BERBASIS TABLOID OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 WONOMERTO

KURNIAWAN AGUS SYUFIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Syufianto, Agus, Kurniawan . 2011. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Perawatan Sepeda Motor Berbasis Tabloid Otomotif Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Wonomerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Andoko, S.T., M.T., (2) Drs. Sumarli, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar,Perawatan Sepeda Motor , Berbasis Tabloid Otomotif.

Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak jenis Handout berdasarkan referensi tabloid otomotif dengan mata pelajaran “Perawatan Sepeda Motor” yang materi pembelajaranya disesuaikan dengan kompetensi dasar pada silabus. Handout yang dikembangkan nantinya akan dijadikan salah satu sumber bahan ajar di SMK Negeri 1 Wonomerto guna menciptakan kreativitas belajar mandiri siswa sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Pengembangan bahan ajar ini mengadopsi model pengembangan Dick & Carey (1987).

Pengembangan model Dick & Carey adalah pengembangan yang bersifat prosedural yang meliputi ; 1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, 2) analisis pembelajaran, 3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik peserta didik, 4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, 5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, 8) merancang dan melakukan penilaian formatif, 9) merevisi materi pembelajaran, 10) merancang dan melakukan penilaian sumatif. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kelayakan keterpakaian produk yang dihasilkan dilakukan uji kelayakan produk dalam 2 tahap, yaitu tahap uji ahli dan uji kelompok kecil. Data diambil dengan menggunakan angket, kemudian dianalisis menggunakan deskriftif kualitatif dalam bentuk persentase.

Hasil pengembangan bahan ajar ini menghasilkan bahan ajar cetak jenis handout yang materi pembelajaranya disesuaikan dengan kompetensi dasar pada silabus. Produk bahan ajar di uji coba melalui dua tahap yaitu : 1) uji coba ahli yang meliputi ahli bidang studi dan ahli pembelajaran, 2) uji coba kelompok kecil. Hasil penilai/tanggapan digunakan untuk merevisi produk sebagai bagian dari proses penyempurnaan produk bahan ajar. Hasil uji coba pada tahap ahli bidang studi memperoleh skor total 83% dengan kreteria valid, sedangkan dari ahli pembelajaran memperoleh skor 83% dengan kreteria valid. Kemudian tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor total 86% dengan kreteria sangat valid, sehingga dari uji coba yang dilakukan handout layak digunakan sebagai sumber belajar di SMK Negeri 1 Wonomerto. Dari serangkaian uji coba dapat diketahui kelebihan dan keterbatasan bahan ajar yang telah dikembangkan. Kelebihannya yaitu 1) bahan ajar dirancang sesuai karakteristik dan kebutuhan siswa, 2) bahan ajar disesuaikan dengan menggunakan prinsip pengetahuan yang bersifat fakta, konsep dan procedural, 3) model pengembangan yang disesuaikan adalah Dick & Carey (1987) yang sistematis dan sesuai untuk merancang pembelajaran lebih terarah Sedangkan kelemahan bahan ajar ini adalah disusun berdasarkan karakteristik dan kebutuhan siswa di SMK Negeri 1 Wonomerto pada kompetensi perawatan sepeda motor, sehingga bila bahan ajar digunakan secara luas perlu menyempurnakan atau revisi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna yang luas.