SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Otomotif Berbasis Free Web Blog Pokok Bahasan Sistem Starter dan Pengisian untuk Kelas XI di SMK Negeri 1 Kediri

Kurnia Mahanani

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahanani, Kurnia. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Otomotif Berbasis Free Web Blog Pokok Bahasan Sistem Starter dan Pengisian untuk Siswa Kelas  XI di SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T., M.T.

 

Kata Kunci:free web blog, media pembelajaran, sistem starter dan pengisian

Perkembangan teknologi informasi semakin berkembang dan membawa dampak yang sangat besar pada kemajuan dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam pendidikan. Salah satu bentuk dari teknologi informasi adalah teknologi jaringan belajar yang disebut online technology. Teknologi ini menawarkan alternatif yang memungkinkan siswa dapat mengakses sendiri materi pembelajaran (self contained materials) yaitu dalam bentuk pembelajaran web. Dengan perkembangan teknologi informasi ini dapat diperoleh banyak manfaat, namun kenyataan belum banyak pihak yang memanfaatkan web sebagai media pembelajaran. Produk Media pembelajaran berbasis free web blogini dikembangkan dan di uji coba di SMK Negeri 1 Kediri pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran otomotif berbasis free web blog pokok bahasan Sistem Starter dan Pengisian untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kediri, dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran otomotif berbasis free web blog pokok bahasan Sistem Starter dan Pengisian untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kediri. Tahapan penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket kuisioner yang disebarkan kepada dua ahli media, ahli materi, uji coba perorangan dengan 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa, dan uji coba lapangan dengan 25 orang siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif hasil wawancara sebagai data awal dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidanya. Produk media pembelajaran free web blog ini menggunakan blogger.Dalam penelitian ini, media pembelajaran berbasis free web blog dapat diakses di alamat situs www.otomotiflearning.blogspot.com. Hasil validasi isi terhadap kelayakan media media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 95%, validasi ahli materi 97%, uji coba perorangan 96%, uji coba kelompok kecil 94%, dan uji coba lapangan 91%. Hasil pengembangan media pembelajaran telah direvisi meliputi: (1) penggunaan jenis, ukuran, dan warna teks dan (2) petunjuk pemanfaatan media pembelajaran.