SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI EKSTRAKURIKULER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Musholli .

Abstrak


ABSTRAK

 

Musholli. 2011. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripisi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.Putut Murdanto, S.T.,M.T. (2) Drs. Partono, M.Pd.

 

Kata Kunci : Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Mahasiswa adalah calon penerus bangsa, atau bisa sebut juga generasi penerus yang akan membangun bangsa ini lebih maju dari generasi-generasi sebelumnya. Maka dari itu, mahasiswa tidak dididik seperti siswa-siswa disekolah, tetapi mengedepankan kemandirian dari setiap individu peserta didik.  Karena sistemnya mengedepankan kemandirian individu, maka kebebasan dalam bidang akademik maupun non akademik sangat terasa didunia kampus. Kegiatan-kegiatan didalam dunia perkuliahan yaitu kegiatan intrakurikuler (akademik) dan kegiatan ekstrakurikuler (keaktifan dalam berorganisasi) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia kampus. Karena sibuknya kegiatan didunia kampus, maka peranan Motivasi belajar sangatlah penting, karena motivasi belajar merupakan kunci awal untuk membuka kesuksesan belajar diperguruan tinggi. Prestasi belajar merupakan hasil dari motivasi belajar tadi. Apabila motivasi belajarnya tinggi, maka prestasi belajarnya juga tinggi, begitu pula sebaliknya.

Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah tentang keaktifan mahasiswa S1 pendidikan Teknik mesin dalam berorganisasi terutama organisasi Himpunan mahasiswa Mesin (HMM) Universitas Negeri malang. Kemudian tingkat motivasi meraka setelah mereka disibukkan dengan dua kegiatan yang berbeda, yaitu kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga prestasi belajar mereka dapat diketahui.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode Eksplanasi Kuantitatif, sampel dari penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik mesin Fakultas teknik Universitas Negeri Malang yang aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) periode 2009, 2010, dan 2011. Digunakan metode sampel karena populasi dari penelitian ini lebih dari 100 orang. Untuk teknik pengumpulan datanya yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi), regresi berganda, dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara keaktifan berorganisasi dan  motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditandai dengan hasil uji t untuk masing-masing variabel bebas memeperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel, sedangkan untuk taraf signifikansi < 0,05.  Nilai uji F memproleh nilai thitung yang lebih besar dari Ftabel  dan mempunyai taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05).